8 Makanan Anti Bengek, Bersihkan Paru-paru Sampai Plong

ADVERTISEMENT

8 Makanan Anti Bengek, Bersihkan Paru-paru Sampai Plong

Fadilla Namira - detikHealth
Jumat, 30 Sep 2022 05:30 WIB
Doctor shows results to old patient x-ray of the lungs, smoking cigarettes problem
Membersihkan paru-paru (Foto: iStock)
Jakarta -

Paru-paru yang terkontaminasi oleh virus atau senyawa berbahaya lainnya bisa mengakibatkan gangguan pernapasan dan memicu komplikasi serius. Sebagai pencegahan, masyarakat bisa menjaga organ tersebut dengan mengonsumsi makanan pembersih paru-paru dan menerapkan gaya hidup sehat.

Masyarakat yang tinggal di wilayah penuh polusi akan meningkatkan risiko kerusakan paru-paru karena paparan radikal bebas dan polutan. Terlebih, paru-paru adalah salah satu organ vital manusia karena di sanalah tempat pertukaran krusial antara oksigen dan karbondioksida.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru dari sekarang sangat penting. Sebab, pepatah selalu mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati". Terlebih lagi, membuat pilihan makanan yang lebih sehat juga membantu memperkuat kekebalan terhadap penyakit dan infeksi.

Makanan Pembersih Paru-paru

Selain dengan menghindari polusi. menjaga paru-paru tetap bersih juga perlu dilakukan dengan pola makan yang sehat. Dikutip dari WebMD, beberapa makanan 'pembersih' paru-paru, seperti:

1. Makanan Tinggi Serat

Kacang polong, lentil, biji chia, pir, brokoli, dan kacang hitam adalah deretan makanan yang tinggi serat. Penelitian menunjukkan orang yang makan lebih banyak serat memiliki paru-paru yang bekerja lebih baik dibanding tidak melakukannya.

2. Kopi

Kabar baik, bagi pecinta kopi! Kandungan kafein dalam kopi memberikan efek antiinflamasi guna mencegah infeksi pada paru-paru. Selain itu, ia mempunyai senyawa antioksidan berupa polifenol yang bertugas sebagai pelindung sistem pernapasan.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT