7 Makanan Pembersih Lambung, Penangkal Mulas dan Perut Kembung

ADVERTISEMENT

7 Makanan Pembersih Lambung, Penangkal Mulas dan Perut Kembung

Fadilla Namira - detikHealth
Rabu, 05 Okt 2022 05:30 WIB
sakit perut
Makanan pembersih lambung (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Pernahkah, kamu mendengar istilah "asam lambung naik"? Dalam bahasa medis, gangguan tersebut dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit GERD disebabkan oleh pengonsumsian makanan atau minuman yang tidak "ramah" lambung, seperti makanan pedas atau minuman bersoda.

Lambung sendiri diciptakan sedemikian rupa untuk memecah zat-zat nutrisi dalam hidangan yang kita santap setiap hari menggunakan cairan bernama asam hidroklorik. Ia pun berfungsi sebagai pemilah antara limbah dengan senyawa baik agar tubuh kita terhindar dari penyakit.

Bila kinerjanya normal, hal ini akan berdampak pada kesehatan organ penting lainnya, seperti usus, hati, jantung, dan mood (suasana hati). Oleh karenanya, masyarakat harus pintar memilih asupan yang baik untuk lambung.

Makanan Pembersih Lambung

Melalui rangkuman detikcom, beberapa bahan makanan ini bisa dicoba untuk membersihkan lambung, antara lain:

1. Kacang-kacangan

Seperti kita ketahui, serat banyak manfaatnya bagi kesehatan pencernaan. Salah satu jenis makanan yang kaya akan serat adalah kacang-kacangan, seperti kacang navy (kacang polong putih) dan kacang hitam.

Jangan percaya bila ada yang mengatakan makan kacang dapat meningkatkan gas dalam lambung. Faktanya, para peneliti telah membuktikan hanya tiga sampai sebelas persen orang saja yang mengalami hal tersebut.

2. Lidah Buaya

Daging dari tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lidah buaya mengandung zat polisakarida yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi makanan secara maksimal. Selain itu, ia juga efektif untuk meredakan infeksi dan gangguan pada pencernaan.

3. Kiwi

Selain enak dan mudah dimakan, kiwi mengandung banyak vitamin C yang baik untuk organ pencernaan, khususnya lambung. Dalam studi yang diterbitkan American Journal of Gastroenterology pada 2021, orang yang mengonsumsi dua buah kiwi sehari dapat menurunkan risiko sembelit.

4. Jahe

Jahe adalah rempah alami yang sudah digunakan sebagai pengobatan sejak berabad-abad lalu. Ia mempunyai zat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan usus besar dan mengurangi risiko kanker kolorektal.

Sebagai saran, gunakan empat gram jahe dan dicampur dengan teh atau air hangat setiap hari. Bila timbul rasa tidak nyaman pada perut, misalnya mulas atau diare, segera hentikan pengonsumsiannya.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT