ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Sep 2022 17:45 WIB

6 Makanan untuk Membersihkan Lambung, Bantu Lancarkan Pencernaan

Nurul Febian Danari - detikHealth
ilustrasi lambung Makanan untuk membersihkan lambung, ilustrasi lambung (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Gangguan pencernaan, seperti kembung hingga rasa nyeri di lambung kerap kali dialami oleh banyak orang dan sangat mengganggu. Biasanya terjadi akibat sejumlah faktor, salah satunya asam lambung naik akibat pola makan yang buruk. Tak ayal jika banyak orang yang mencari sejumlah cara mengatasinya, seperti makanan untuk membersihkan lambung.

Sebagai informasi, lambung adalah organ terpenting dalam proses pencernaan. Organ pencernaan yang berbentuk huruf J ini memiliki sejumlah fungsi, seperti tempat penyimpanan makanan sementara, memecahkan asam dari makanan yang dikonsumsi, serta mengirimkan makanan ke fase berikutnya menuju usus kecil.

Pada saat makanan sampai di lambung, akan mengalami proses pencernaan, baik itu secara mekanik maupun kimiawi. Pencernaan mekanik adalah proses yang melibatkan lapisan otot lambung guna menghancurkan makanan menjadi lebih kecil dan halus.

Sementara itu, proses pencernaan kimiawi memanfaatkan asam lambung, enzim pencernaan, serta hormon pencernaan lainnya. Proses ini bertujuan untuk memecah zat gizi, terutama protein, menjadi molekul kecil yang mudah diolah oleh usus halus.

Jika fungsi lambung mengalami gangguan, seseorang biasanya mengalami sejumlah gejala, seperti kembung, mual, nyeri perut, dan lainnya. Karenanya, penting mengonsumsi makanan untuk membersihkan lambung agar lambung lebih sehat.

Makanan untuk Membersihkan Lambung

Dikutip dari Indiantimes, Selasa (6/9/2022), berikut sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi sebagai cara pembersih lambung.

1. Peppermint

Peppermint banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mengurangi peradangan usus besar dan sakit perut. Jika dikonsumsi setiap hari, peppermint dapat membantu untuk membersihkan lambung.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman bermacam manfaat yang dapat dengan mudah ditemukan. Lidah buaya mengandung zat polisakarida yang dapat membantu tubuh mencerna makanan sehingga gizi makanan dapat terserap secara maksimal. Selain itu, polisakarida juga efektif untuk meringankan gangguan pada pencernaan.

3. Lemon

Enzim yang terdapat pada lemon membantu memecah racun dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Lemon dapat dikonsumsi dengan ditambahkan pada minuman, makanan, atau dicampur dengan madu. Campurkan air lemon dengan 1 sdt madu dan konsumsi minuman ini setiap pagi untuk mengurangi gangguan pada pencernaan.

4. Air Hangat

Selain makanan untuk membersihkan lambung, cukup dengan minum air hangat setiap pagi secara rutin juga efektif untuk manfaat serupa. Bahkan, air hangat juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan membuang racun. Air hangat dinilai sebagai kunci alami untuk mendetoksifikasi sistem tubuh karena mengurangi kram dan mulas.

5. Jus Buah dan Sayur

Campuran buah-buahan serta sayuran dalam jus seperti apel, lemon, dan lidah buaya mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Jus ini memicu pergerakan usus besar yang dapat membersihkan lambung.

6. Jahe

Di antara pengobatan rumahan, jahe adalah bahan makanan untuk membersihkan lambung yang paling efektif. Jahe kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan usus besar dan mengurangi resiko kanker kolorektal.

Sebanyak 4 gram jahe dapat dikonsumsi secara langsung maupun dicampur dengan teh atau air hangat setiap hari. Jika berlebihan, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, mulas, bahkan diare.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT