8 Tanda Ajal Sudah Dekat, Gampang Dikenali Tapi Kerap Diabaikan

ADVERTISEMENT

8 Tanda Ajal Sudah Dekat, Gampang Dikenali Tapi Kerap Diabaikan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 09 Sep 2022 15:40 WIB
Young woman holding hands and saying goodbye to her dying of cancer mother in hospice
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta -

Setiap makhluk hidup, baik manusia maupun hewan, pasti akan mengalami kematian. Menjelang itu, biasanya ada sejumlah tanda-tanda ajal sudah dekat yang bisa dilihat dari fisik maupun mental. Adapun tanda-tanda ini muncul pada kematian alami, sakit, ataupun usia lanjut.

Sementara untuk kematian akibat kecelakaan ataupun bunuh diri tak memiliki tanda-tanda fisik yang bisa dibaca.

Tanda Ajal Sudah Dekat

Dikutip dari Healthline Jumat (9/9/2022), berikut tanda ajal sudah dekat yang dapat dilihat dari kebiasaan maupun fisik seseorang.

1. Lebih Banyak Tidur

Tanda ajal sudah dekat atau ciri seseorang akan mengalami kematian bisa dilihat dari waktu tidurnya. Beberapa bulan sebelum akhir hayat, seseorang mungkin mulai tidur dalam jumlah waktu yang lebih banyak daripada biasanya. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh yang menurun, sehingga tubuh akan sering merasa kelelahan dan membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

2. Makan dan Minum Sedikit

Pada usia lanjut kebutuhan energi biasanya akan menurun, sehingga seseorang tak membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karenanya, keinginan makan dan minum menjadi sedikit, bahkan cenderung tak tertarik lagi pada beberapa makanan favoritnya.

3. Perubahan di Organ Vital

Selain makan dan minum yang sedikit, perubahan organ vital juga bisa menjadi tanda ajal sudah dekat. Misalnya tekanan darah menurun, perubahan pernapasan, detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi, hingga urine berubah warna menjadi cokelat lantaran ginjal tak lagi berfungsi.

4. Suhu Badan Menurun

Tanda ajal sudah dekat yang satu ini biasanya disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak teratur menuju organ vital. Berkurangnya sirkulasi darah di dalam tubuh artinya kulit akan terasa lebih dingin saat disentuh. Begitu juga kulit akan terlihat lebih pucat atau berbintik-bintik dengan bercak biru dan ungu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT