ADVERTISEMENT

Jumat, 09 Sep 2022 20:31 WIB

Round Up

Pernyataan Lengkap BPOM RI soal Kecap-Saus ABC Ditarik Singapura

Nurul Febian Danari - detikHealth
Penny K Lukito Kepala BPOM Kepala BPOM RI Penny K Lukito (Foto: Rifkyanto Nugroho/detikHealth)
Jakarta -

Otoritas Keamanan Pangan Singapura atau Singapore Food Agency (SFA) menarik tiga produk dari peredaran, dua di antaranya adalah produk asal Indonesia yaitu ABC kecap manis dan ABC saus sambal ayam goreng, pada Selasa (6/9/2022) lalu.

Penarikan produk tersebut lantaran mengandung alergen berupa sulfur dioksida dan asam benzoat yang tidak tercantum pada label kemasan produk. Meskipun demikian, SFA menambahkan bahwa kandungan alergen yang ditemukan masih dalam batas wajar dan sesuai standar pangan, tetapi produk tersebut tetap harus ditarik lantaran tidak mencantumkan label kandungan alergen.

Menanggapi hal tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) memberikan penjelasan terkait kekhawatiran keamanan kedua produk tersebut.

"Produk temuan SFA tersebut berlabel bahasa Indonesia yang ditutup dengan label Berbahasa Inggris dengan informasi tidak lengkap, termasuk tidak mencantumkan informasi alergan sulfit dan penggunaan BTP pengawet benzoat," Tulis BPOM.

BPOM menambahkan bahwa produk yang diekspor oleh eksportir yang tidak terkait langsung dengan produsen Indonesia, PT Heinz ABC Indonesia. Kedua produk tersebut tidak diekspor menggunakan Surat Keterangan Ekspor (SKE) BPOM karena SFA tidak mewajibkan SKE baik berupa Health Ceritificate atau Ceritificate of Free Sale untuk pemasukan produk pangan ke Singapura.

Kedua produk tersebut telah lolos evaluasi keamanan BPOM dan mendapatkan surat izin edar di Indonesia. Keterangan alergan juga tercantum pada label kemasan produk keduanya.

"BPOM secara terus menerus melakukan monitoring dan pengawasan pre-market dan post-market terhadap sarana produk pangan olahan, termasuk pengawasan label dan pengujian produk yang beredar untuk perlindungan kesehatan masyarakat," kata BPOM.

NEXT: Pernyataan lengkap BPOM

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Peringatan BPOM ke Produsen-Eksportir Usai Geger Singapura Tarik Produk ABC"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT