Penyebab Ratu Elizabeth II Wafat Masih Jadi Misteri, Ini Sederet Dugaannya

ADVERTISEMENT

Penyebab Ratu Elizabeth II Wafat Masih Jadi Misteri, Ini Sederet Dugaannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sabtu, 10 Sep 2022 07:15 WIB
ABERDEEN, SCOTLAND - SEPTEMBER 06: Queen Elizabeth II waits in the Drawing Room before receiving newly elected leader of the Conservative party Liz Truss at Balmoral Castle for an audience where she will be invited to become Prime Minister and form a new government on September 6, 2022 in Aberdeen, Scotland. The Queen broke with the tradition of meeting the new prime minister and Buckingham Palace, after needing to remain at Balmoral Castle due to mobility issues. (Photo by Jane Barlow - WPA Pool/Getty Images)
Sederet dugaan penyebab kematian Ratu Elizabeth II. Foto: Jane Barlow - WPA Pool/Getty Images)
Jakarta -

Hingga kini, tidak ada pengumuman dari pihak Istana Buckingham terkait penyebab spesifik kematian Ratu Elizabeth II. Namun diketahui, sehari sebelum wafat, sang ratu berada di bawah pengawasan medis. Beberapa tahun terakhir, hanya sedikit detail terkait kondisi kesehatan Ratu yang diketahui publik lantaran pihak Istana terkenal tertutup mengenai kesehatan dan kesejahteraan anggota keluarga kerajaan.

Bagaimana pun, sejumlah media menyoroti kondisi Ratu Elizabeth II dalam beberapa tahun terakhir. Selain harus mundur dari banyak tugas kerajaan karena kondisi kesehatan, Ratu juga juga sempat terpantau berjalan menggunakan tongkat akibat masalah mobilitas.

Pada Oktober 2021, pejabat istana mengonfirmasi bahwa Ratu berada di rumah sakit dan disarankan untuk beristirahat. Walhasil, perjalanan ke Irlandia Utara dan Glasgow untuk KTT COP26 harus dibatalkan. Ratu juga harus melewatkan kebaktian Hari Peringatan tahunan, pembukaan Parlemen pada Mei, dan tidak dapat menghadiri sebagian besar perayaan Platinum Jubilee awal tahun ini.


Berlanjut pada 6 September, Ratu menemui Perdana Menteri yang baru terpilih, Liz Truss, di Balmoral dan tidak mengunjungi Istana Buckingham. Saat itu,pengamat kerajaan dengan cepat menunjukkan bahwa tangan Ratu tampak memar.

"Sepertinya ada kemungkinan bukti penyakit pembuluh darah perifer. Ini adalah gangguan sirkulasi darah yang menyebabkan pembuluh darah di luar jantung dan otak Anda menyempit, tersumbat, atau kejang," ujar Dr Deb Cohen-Jones terkait tangan memar Sang Ratu, dikutip dari Bustle, Sabtu (10/9/2022).

Simak video 'Dokter Bicara soal Foto Tangan Ungu Ratu Elizabeth II yang Jadi Sorotan':

[Gambas:Video 20detik]



NEXT: Desas-desus tentang kanker?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT