Dokter Ungkap Kemungkinan Penyebab Tangan Ungu Ratu Elizabeth II

ADVERTISEMENT

Dokter Ungkap Kemungkinan Penyebab Tangan Ungu Ratu Elizabeth II

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sabtu, 10 Sep 2022 14:32 WIB
ABERDEEN, SCOTLAND - SEPTEMBER 06: Queen Elizabeth II waits in the Drawing Room before receiving newly elected leader of the Conservative party Liz Truss at Balmoral Castle for an audience where she will be invited to become Prime Minister and form a new government on September 6, 2022 in Aberdeen, Scotland. The Queen broke with the tradition of meeting the new prime minister and Buckingham Palace, after needing to remain at Balmoral Castle due to mobility issues. (Photo by Jane Barlow - WPA Pool/Getty Images)
kondisi Tangan Ungu Ratu Elizabeth II (Foto: Jane Barlow - WPA Pool/Getty Images))
Jakarta -

Penguasa terlama kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Hingga kini, tidak ada penjelasan perihal penyebab pasti wafatnya Sang Ratu. Adapun kondisi terakhir sang Ratu sebelum meninggal mendadak menjadi sorotan. Selain terlihat kurus dan lemah, dalam sebuah foto tangannya tampak keunguan.

Seorang dokter dari Perth, Australia Barat, Dr Deb Cohen-Jones, ikut menyoroti kondisi tangan sang Ratu. Ia mengungkapkan, ungu di tangan sang penguasa terlama di Inggris itu kemungkinan karena tanda kesehatannya yang mulai menurun.

"Sepertinya ada kemungkinan bukti penyakit pembuluh darah perifer. Ini adalah gangguan sirkulasi darah yang menyebabkan pembuluh darah di luar jantung dan otak Anda menyempit, tersumbat, atau kejang," tuturnya dikutip dari Daily Mail, Sabtu (10/9/2022).

"Kadang-kadang bisa mengakibatkan gagal jantung. Jika sirkulasi perifer Anda buruk, organ tidak menerima suplai darah yang baik. Ini bisa menjadi tanda kegagalan multi organ," sambungnya lagi.

Dr Deb juga mengamati tangan Ratu Elizabeth II terlihat berbintik-bintik. Kondisi ini biasanya terjadi saat jantung tak lagi mampu memompa darah secara efektif. Ia juga menjelaskan, tekanan darah perlahan turun dan aliran darah ke seluruh tubuh melambat, sehingga menyebabkan ekstremitas mulai terasa dingin saat disentuh.

Meski begitu, Dr Deb menegaskan tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti berapa lama bintik-bintik di tangannya itu muncul. Sebab, Ratu Elizabeth II tidak terlihat di depan publik dalam waktu yang lama dan sering menggunakan sarung tangan.

Sebagai informasi, penyakit pembuluh darah perifer atau peripheral vascular disease (PVD) adalah gangguan sirkulasi yang lambat dan progresif. Penyempitan, penyumbatan, atau kejang pada pembuluh darah dapat menyebabkan PVD. PVD dapat mempengaruhi pembuluh darah di luar jantung termasuk arteri, vena, atau pembuluh limfatik.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT