Hilang Nafsu Makan Bisa Jadi Tanda Ajal Sudah Dekat, Bagaimana Menyikapinya?

ADVERTISEMENT

Hilang Nafsu Makan Bisa Jadi Tanda Ajal Sudah Dekat, Bagaimana Menyikapinya?

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Sabtu, 10 Sep 2022 19:00 WIB
Young woman holding hands and saying goodbye to her dying of cancer mother in hospice
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz0
Jakarta -

Setiap orang pada akhirnya akan mengalami kematian. Terkadang tanda-tanda ajal sudah dekat kerap dirasakan, namun kurang mendapat perhatian dengan baik lantaran tidak terdeteksi oleh orang-orang terdekat.

Setidaknya dengan mengenali tanda-tanda ajal sudah dekat, orang terdekat seperti keluarga bisa melakukan upaya perlindungan. Seringkali, napsu makan menurun menjadi salah satu tanda ajal sudah dekat.

Namun hilang napsu makan tak bisa langsung diasumsikan sebagai tanda ajal. Terkadang ada orang yang malas makan akibat tak napsu atau tidak ingin makan.

Hilangnya napsu makan akan membuat tubuh memiliki sedikit energi daripada sebelumnya. Biasanya orang yang kehilangan napsu makan akan berhenti makan dan minum sebanyak-banyaknya, lantaran napsu makan berangsur-angsur menurun.

Lantas, bagaimana cara menyikapi napsu makan yang turun, khususnya pada keluarga atau orang terdekat yang sedang dalam kondisi sakit berat?

Pastikan Makan Saat Lapar

Penting untuk tubuh agar tetap terhidrasi, artinya keseimbangan cairan dalam tubuh harus tetap dipantau demi menjamin fungsi metabolisme sel tubuh. Bisa dengan memakan es batu yang kotak-kotak kecil, es loli, atau makanan manis lainnya dengan unsur es.

Carilah makanan yang menjadi makanan favorit, makan selagi masih lapar demi meningkatkan stamina tubuh.

Air Dingin

Caranya, rendam waslap dalam air dingin, gunakan untuk menepuk-nepuk bibir agar tetap lembab. Lantaran ketika berhenti minum atau tidak minum sama sekali, bibir menjadi kering dan dapat memicu dehidrasi.

Penting untuk menjaga kelembaban bibir dengan waslap yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin atau dengan lip balm.



Simak Video "Kata Menkes soal WHO Tetapkan Covid-19 Jawa-Bali Level 2"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT