ADVERTISEMENT

Senin, 12 Sep 2022 18:00 WIB

Gejala Bayi 11 Bulan Idap Bronkitis Gegara Ayah Perokok, Awalnya Dikira Flu Biasa

Fadilla Namira - detikHealth
Viral bayi bronkitis gegara ayah perokok Viral bayi mengidap bronkitis. (Foto: Tangkapan Layar TikTok)
Jakarta -

Belakangan di dunia maya sontak terdengar kabar seorang anak didiagnosa bronkitis akibat terkontaminasi rokok dari keluarganya. Hal tersebut bermula dari akun @telormcd membagikan pengalaman dan ceritanya melalui unggahan video Tiktok.

Video yang disebarkan pada Minggu (11/9) tersebut, menampilkan bayi perempuan yang tengah meringis kesakitan dalam pelukan ayahnya akibat penyakit saluran pernapasan serta pengobatan yang harus dijalani.

"WASPADA, buat para suami perokok. Anak aku awalnya demam, batuk & pilek. Pas dicek ternyata anakku bronkitis," tulis Maihan, ibu dari anak tersebut sekaligus pemilik akun @telormcd.

Menurut Maihan, putrinya yang kerap disapa Noa, hanya mengalami gejala batuk. Ia pun menganggap hal tersebut hanya gejala dari flu ringan atau radang tenggorokan. Oleh karenanya, ia tidak terlalu risau dan hanya memberikan perawatan di rumah saja.

Akan tetapi, batuknya semakin parah sampai-sampai membuat Noa kesulitan untuk tidur. Nggak cuman itu, gejalanya bertambah hingga menimbulkan pilek, demam, dan meriang.

"Awal gejalanya batuk, terus setiap batuk kenceng banget. Sampai dia ada di fase kalau tidur, langsung kebangun karena batuknya, lalu muntah dan itu berulang dua kali. Akhirnya tidur mulai ga nyaman. Lanjut, besoknya ada sedikit pilek dan demam," kata Maihan dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Senin (12/9/2022).

Merasakan kondisi yang tidak biasa, ia pun segera membawa putri semata wayangnya ke Unit Gawat Darurat (UGD) terdekat untuk mendapatkan perawatan emergensi oleh dokter.

Pada saat itu, dokter masih menduga bahwa anaknya hanya terkena batuk dan pilek biasa. Namun setelah diteliti lebih dalam, dokter akhirnya memvonis Noa terkena bronkitis.

Bronkitis adalah infeksi atau peradangan pada saluran bronkus yang berfungsi membawa oksigen ke paru-paru. Sakit ini menyebabkan pengidapnya merasakan dahak yang sulit keluar dari tenggorokan sehingga memerlukan pengobatan medis.

Lebih lanjut, Noa yang kini berumur satu tahun divonis bronkitis oleh dokter saat ia menginjak 11 bulan.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT