Kemenkes Cek 6 Warga Baduy Meninggal Misterius dalam Satu Bulan

ADVERTISEMENT

Round Up

Kemenkes Cek 6 Warga Baduy Meninggal Misterius dalam Satu Bulan

Alethea Pricila - detikHealth
Selasa, 13 Sep 2022 05:30 WIB
Warga Suku Baduy menunjukkan KTP Elektronik miliknya saat hendak mengikuti vaksinasi COVID-19 di Ciboleger, Lebak, Banten, Senin (27/9/2021).
Ilustrasi warga Baduy (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS)
Jakarta -

Dilaporkan 6 orang warga Baduy meninggal dunia dengan gejala demam tinggi dalam satu bulan terakhir. Dari 6 kasus kematian, empat di antaranya merupakan balita, dua dari Baduy Luar dan dua dari Baduy Dalam.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengaku hingga kini belum mengetahui lebih lanjut penyebab keenam warga meninggal di Baduy. Pihaknya akan melakukan pengecekan kemungkinan di balik laporan kasus tersebut.

"Kita harus cek dulu ya," jelasnya saat dihubungi detikcom, Senin (12/9/2022).

Di sisi lain, tim medis dari Sahabat Relawan Indonesia melakukan pengambilan sampel darah warga Baduy Dalam untuk mengetahui penyebab kejadian ini.

"Kita berharap dengan pengambilan sampel darah itu bisa diketahui penyakitnya," ucap koordinator Sahabat Relawan Indonesia (SRI) Muhammad Arif Kirdiat di Lebak, Sabtu lalu (10/9/2022), seperti dikutip dari Antara.

Sampel darah tersebut akan diperiksa di laboratorium Klinik RSPD Serang. Penyebab kematian belum dapat diketahui sebelum pengambilan sampel darah.

"Kemungkinan hasil sampel darah itu bisa diketahui Ahad besok," ucap dr Sari Lestari, Minggu (11/9).

Sampai saat ini, belum ada informasi terbaru mengenai pemeriksaan sampel darah masyarakat Baduy yang dilakukan di laboratorium Klinik RSPD Serang.



Simak Video "Kemenkes Pantau Warga Baduy yang Diduga Terjangkit TBC dan Campak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT