ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Sep 2022 09:01 WIB

Dokter Menjawab

Dada Sebelah Kiri Sakit Saat Menguap, Apakah Gejala Sakit Jantung Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menguap (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, kenapa ya kalau saat menguap dada sebelah kiri saya terasa sakit? Apa benar itu gejala penyakit jantung?

Bagaimana cara mengatasinya? Soalnya saya belum pernah periksa sekalipun. Saya harus ke dokter apa ya? Terima kasih.

E (pria, 26 tahun)

Jawaban:

Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain: adanya gangguan jantung, gangguan paru, ataupun gangguan otot.

Setiap penyebab dari nyeri dada memiliki ciri khas masing-masing. Pada proses pernapasan, ada dua proses yang terjadi, yaitu peregangan dinding dada yang menyebabkan volume rongga dada berkurang, dan paru yang kemudian ikut mengembang.

Jika ada nyeri yang muncul dan hanya ada ketika proses menguap, di mana terjadi proses pengembangan dinding dada dan paru-paru, patut dicurigai ada masalah pada salah satu komponen yang menjadi penyebabnya.

Namun, untuk memastikan hal tersebut, akan dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis. Kunjungan ke dokter akan diperlukan untuk menegakkan diagnosis yang akurat dan memberikan penanganan yang sesuai.

Ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter terkait keluhan yang dialami ini. Bisa berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu atau dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.

dr Muliadi Limanjaya

Dokter Umum

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Uniknya Klinik Gigi dengan Tema Bioskop di Bintaro"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT