Viral di Medsos, Tugas Ners Sebenarnya Apa Sih?

ADVERTISEMENT

Viral di Medsos, Tugas Ners Sebenarnya Apa Sih?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Selasa, 13 Sep 2022 10:33 WIB
ilustrasi perawat
Ilustrasi perawat atau ners. (Foto: iStock)
Jakarta -

Profesi ners belakangan viral di media sosial Twitter imbas dari perdebatan antara seorang netizen dengan seorang ners. Netizen tersebut tak terima dikoreksi mengenai cara kompres yang tepat dan menyebut profesi ners tak setara dengan dokter umum.

Ia juga sempat dianggap merendahkan profesi ners.

Mengomentari hal ini, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadillah menyatakan antara ners atau perawat dengan dokter memang memiliki dua keilmuan yang berbeda. Namun menurutnya mereka memiliki irisan di lapangan dan saling melengkapi.

"Secara ilmu kedokteran dan keperawatan memang berbeda, tapi ada irisan di lapangan. Jadi dokter dan perawat saling komplementer dalam pemulihan seorang pasien," katanya dihubungi detikcom, Senin (12/9/2022).

Menurut Harif dari sisi pola akademik, dokter umum dan perawat memiliki tahapan yang sama.

"Ners itu adalah yang lulus pendidikan profesi setelah lulus tingkat sarjana keperawatan. Sedangkan dokter lulus sarjana kedokteran dan menyelasaikan pendidik profesi disebut dokter umum. Jadi sisi pola pendidikan setara," ungkapnya.

Dari sisi tugas, menurut Harif memang ada perbedaan. Ia menyebut jika dokter fokus pada penyembuhan sedangkan perawat melengkapi dengan merespons keluhan pasien melalui perawatan.

"Secara mudah, kalau dokter lebih ke cure atau penyembuhan. Kalau ners ke care atau perawatan. Keduanya melengkapi," ujarnya.

"Kalau dokter mendiagnosis suatu penyakit misal A atau B dengan diagnosa medis nanti disambung oleh ners dengan diagnosa perawatan berdasarkan respons keluhan atau penyakit," tambahnya.

Selain itu beberapa tugas lain seorang ners menurut Harif meliputi melakukan observasi medis, pemeriksaan, pemantauan kondisi, intervensi medis, termasuk memberikan edukasi dan motivasi kepada pasien.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT