Menkes Masih Positif Omicron Meski Sudah 14 Hari Isoman, Ini Kemungkinannya

ADVERTISEMENT

Menkes Masih Positif Omicron Meski Sudah 14 Hari Isoman, Ini Kemungkinannya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Selasa, 13 Sep 2022 16:36 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: Indi Mutiara Saniyah/detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pada Senin (12/9/2022), bahwa dirinya masih positif COVID-19 meski sudah 14 hari menjalankan isolasi mandiri. Menkes Budi pertama kali dinyatakan positif COVID-19 melalui hasil tes PCR pada Senin (29/8/2022).

"Mohon maaf saya tidak bisa hadir karena ternyata virusnya nggak mau pergi, walaupun sudah 14 hari," beber Menkes Budi saat sambutan dalam acara Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN), Senin (12/9).

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril, saat ini kondisi terbaru Menkes Budi sudah sehat dan sudah menjalankan pekerjaannya secara daring.

"Oh udah sehat, sudah masuk (kerja). Dia ngantornya masih di rumah ya. Karena dia tidak ingin menularkan," ujar Syahril ditemui detikcom, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (13/9).

Menurut Syahril kondisi Menkes Budi sudah tidak berpotensi menularkan virus COVID-19 karena telah melakukan isolasi mandiri 5-10 hari. Ia menambahkan, asal tidak bergejala, seharusnya tidak memerlukan tes COVID-19 lagi setelah isolasi mandiri.

"Nah beliau ini kan kalau dalam aturan ya bu Vivi ya, pedomannya kita yang Omicron ini begitu yang positif lima hari itu nggak udah diperiksa lagi. Asal dia nggak bergejala. Yang jadi masalah itu kalau dia periksa lagi, hasil positif lagi, padahal itu bekas," ungkap Syahril.

"Makanya kemarin itu dia (Menkes Budi) ngecek nambah lagi (hasil positif)," tambahnya.

Syahril menyatakan kemungkinan kondisi terbaru Menkes Budi sudah negatif. Namun, ia menyarankan agar Menkes Budi tetap beristirahat.

"Harusnya sudah negatif. Cuma dia harus istirahat dulu. Bapak (Menkes Budi) itu kan disuruh istirahat kasian dia," pungkasnya.



Simak Video "Tak Lagi soal Penanganan Pandemi, Ini 5 Program Prioritas Menkes Budi"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT