Kemenkes Pastikan PeduliLindungi Eror Bukan Ulah Hacker Bjorka

ADVERTISEMENT

Kemenkes Pastikan PeduliLindungi Eror Bukan Ulah Hacker Bjorka

Vidya Pinandhita - detikHealth
Rabu, 14 Sep 2022 09:37 WIB
PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai menguji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi calon penumpang KRL. Uji coba digelar di 11 stasiun.
Foto: ANDHIKA PRASETIA
Jakarta -

Warga kini dihebohkan aplikasi PeduliLindungi error. Warga tak bisa masuk (log in) aplikasi, namun tetap diperbolehkan masuk dan menggunakan fasilitas publik termasuk transportasi umum. Kementerian Kesehatan RI menyebut, error tersebut disebabkan maintenance selama satu hingga dua jam, bukan akibat diretas 'hacker' Bjorka yang belakangan ramai diperbincangkan.

"Jadi intinya ini bukan di-hack oleh rombongan Bjorka dan kawan-kawan," ujar juru bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril, pada detikcom, Rabu (14/9/2022).

Belum lama ini, sosok Bjorka menyebut terdapat data Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko marinves) Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Menteri Kominfo Johnny G Plate belum disuntik vaksin COVID-19 booster.


"Memang saat ini ada satu maintenance, pemeriksaan dari PeduliLindungi. Mungkin hanya sekitar satu sampai dua jam, setelah itu akan menyala lagi," jelas Syahril.

Menurut Syahril, warga tetap bisa beraktivitas normal, memasuki dan menggunakan fasilitas publik meski PeduliLindungi tidak bisa digunakan. Sebab, tempat-tempat publik sudah memiliki kebijakan mekanisme tersendiri jika PeduliLindungi terkendala.

"Fasilitas publik contohnya bandara, kemudian mal atau di stasiun, itu sudah ada mekanismenya apabila terjadi gangguan PeduliLindungi. Jadi mereka sudah melaksanakan mekanisme yang dibuat oleh kita, dan mereka sudah tahu," beber Syahril.

"Paling lambat katanya (satu sampai dua jam ke depan). Mudah-mudahan jam sembilan atau jam sepuluh katanya sudah oke. Kita tunggu saja. Mudah-mudahan," pungkasnya.

Simak Video 'Kata Kemenkes RI soal PeduliLindungi Eror Pagi Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT