Kronologi Wanita 22 Tahun Idap Tumor Payudara, Diduga karena Sering 'Nyeblak'

ADVERTISEMENT

Kronologi Wanita 22 Tahun Idap Tumor Payudara, Diduga karena Sering 'Nyeblak'

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Rabu, 14 Sep 2022 14:01 WIB
Viral curhatan seorang wanita mengidap tumor payudara usai terbiasa makan seblak hingga mi ayam setiap hari.
Foto: Tangkapan layar: SS Viral
Jakarta -

Wanita bernama Nanda (22) asal Palembang, baru-baru ini viral di media sosial TikTok selepas membagikan video curhat tentang dirinya yang sering mengonsumsi makanan ber-MSG seperti seblak hingga berujung ke operasi. Awalnya ia sering merasa nyeri pada payudara bagian kanan, namun rasa itu diabaikan lantaran tidak sering muncul.

"Aku nggak terlalu menghiraukan penyebab dari si nyeri itu, soalnya rasa nyerinya itu suka ilang-ilangan," ujar Nanda pada detikcom, Selasa (13/9/2022).

"Sekitar Juni kemarin, itu aku hari terakhir menstruasi dan ngerasain lagi nyeri di bagian payudara kanan. Akhirnya coba buat meraba payudara kanan dan ternyata ada benjolan yang ukurannya lumayan besar," sambungnya.

Tak hanya nyeri di bagian payudara, Nanda juga mengalami gejala lainnya pada di awal seperti nyeri hebat saat menjelang menstruasi hingga kecapekan ketika badan tidak fit. Ia juga berkata bahwa setelah itu melakukan pengecekan periksa payudara sendiri (sadari) ke rumah sakit terdekat.

Kini, kabarnya kondisi Nanda sudah membaik. "Aku sudah dioperasi dan alhamdulilah kondusinya sudah lebih baik, tinggal masa pemulihannya saja," ungkapnya.

Nanda berpesan bagi masyarakat di luar sana agar tidak terlalu sering mengonsumsi junk food hingga makanan ber-MSG. Terapkan pola hidup sehat dan sering berolahraga, juga konsumsi buah dan sayur.

Komentar dokter

Mengenai hal tersebut Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, K-HOM, menegaskan bahwa monosodium glutamat (MSG) atau sering disebut micin ini tidak menyebabkan tumor maupun kanker. Selain itu masih belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan MSG bisa menyebabkan atau memicu risiko kanker.

"MSG tidak menyebabkan kanker," tegas dr Aru pada detikcom, Rabu (14/9/2022).



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT