Makin Banyak Minum Suplemen Bikin Bugar? Nggak Juga, Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

Makin Banyak Minum Suplemen Bikin Bugar? Nggak Juga, Ini Faktanya

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 15 Sep 2022 06:00 WIB
Close-up red and black Medicine Capsules in Blister Packs
Ilustrasi obat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)
Jakarta -

Saat ini kesehatan tubuh merupakan hal yang paling penting agar terhindar dari COVID-19. Masyarakat akan melakukan berbagai cara untuk bisa memiliki tubuh yang sehat mulai dari konsumsi makanan yang bergizi hingga olahraga yang cukup.

Tak jarang dari mereka juga mengonsumsi beberapa suplemen dalam sehari untuk memiliki imun tubuh yang kuat. Namun apakah benar semakin banyak mengonsumsi suplemen, imun tubuh juga semakin kuat?

Seorang dokter spesialis penyakit dalam interventional pulmonologist dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Eric Daniel Tenda, menjelaskan suplemen ini hanya bersifat pelengkap dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

"Sometimes kita nggak bisa memastikan apakah pola makan kita sudah lengkap gizinya atau tidak. Jadi untuk memastikan itu (gizi cukup) ada suplementasi," jelas dr Eric saat ditemui di acara Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2022).

Ia juga menegaskan karena suplemen hanya melengkapi, hal utama yang harus dilakukan agar memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah memastikan bahwa mereka mengonsumsi makanan yang sehat dan olahraga.

"Kita juga nggak punya jawaban pasti, hari ini apakah tubuh kurang vitamin C dan suplemen lain atau tidak. Jadi suplementasi adalah suatu hal yang di add on (ditambahkan) dari apa yang basicnya diperlukan tubuh," ucapnya.



Simak Video "Nasib 5 Obat Cair yang Dinyatakan Berbahaya: Ditarik dan Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT