Saran Dokter Mata Biar Nggak Cepat Nge-blur saat Seharian Kerja di Depan Komputer

ADVERTISEMENT

Saran Dokter Mata Biar Nggak Cepat Nge-blur saat Seharian Kerja di Depan Komputer

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 15 Sep 2022 08:00 WIB
Asian, Indian young woman rubbing her eye and holding eyeglasses. She is suffering with aching eyes while working long hours on computer at home.
Mata lelah bikin nge-blur (Foto: iStock)
Jakarta -

Pekerja kerap kali dituntut untuk bekerja di depan layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan kesehatan mata terganggu, seperti mata lelah. Juga kondisi ini memberikan rasa ketidaknyamanan bagi para pengidapnya. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dokter spesialis mata dari RSPI Sulianti Saroso, dr Emilia Setyaadmadja, mata harus diistirahatkan dari layar komputer selama 15 menit.

Adapun selama 15 menit itu seseorang disarankan untuk melihat jauh dengan jarak 20 kaki (6 meter) atau menutup matanya.

"Kita menatap layar komputer kira-kira dua jam itu sudah menyebabkan mata lelah, menurut penelitian ya. Jadi karena kita nggak mungkin kan dua jam dalam waktu satu hari. Kita kerja pasti berjam-jam, bahkan bisa sampai 12 jam ya, lebih mungkin pada orang-orang tertentu," tuturnya dalam acara podcast Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Rabu (14/9/2022).

"Jadi biasanya kalau kita menggunakan komputer dua jam, itu harus istirahat 15 menit. Tetapi dalam rentan waktu dua jam itu, kalau 20 menit lihat komputer, harus selama 20 detik melihat jauh dengan jarak 20 kaki atau 6 meter. Jadi intensitas kita semakin lama kita melihat komputer, semakin cepat pula menimbulkan rasa ketidaknyamanan itu," lanjutnya.

Selain itu, dr Emilia juga menyarankan untuk duduk dengan tegak dan mata jangan terlalu fokus ke layar komputer. Beri jarak sekitar 50 sampai 70 centimeter dengan kemiringan sekitar 20 derajat. Cara-cara ini berguna untuk mencegah rasa lelah yang bisa dialami jika terlalu lama melihat layar komputer.

"Istirahat dulu, sarannya sih seperti itu. Istirahatnya itu kita melihat jauh atau menutup mata," kata dr Emilia.

"Posisi duduk harus tegak matanya jangan terlalu fokus banget ya ke layar komputer. Kan ada jarak ke layar komputer kira-kira 50-70 sentimeter, kemiringannya juga 20 derajat. Duduknya juga harus yang nyaman juga, kaki harus ke lantai supaya tidak lelah posisinya," lanjutnya.



Simak Video "Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tak Cepat Lelah"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT