ADVERTISEMENT

Sabtu, 10 Sep 2022 20:45 WIB

Boleh Dicoba, Ini 5 Makanan untuk Membersihkan Ginjal dari Racun dalam Tubuh

Alethea Pricila - detikHealth
Female doctor touches virtual Bladder and Kidneys in hand. Blurred photo, handrawn human organ, highlighted red as symbol of disease. Healthcare hospital service concept stock photo Foto: Getty Images/iStockphoto/mi-viri
Jakarta -

Ginjal merupakan organ tubuh yang mampu memproses setidaknya 200 liter darah serta menyaring kelebihan racun di dalam tubuh. Organ ini terletak pada pinggang bawah manusia dengan ukuran hanya sebesar bola golf.

Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, racun akan berkembang dalam tubuh dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ penting lainnya. Akibatnya, manusia akan mudah lelah, sakit perut, sakit kepala, dehidrasi, dan timbul masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, guna membantu kinerjanya, disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi untuk membersihkan ginjal. Berikut 5 makanan yang diyakini bisa membersihkan ginjal.

Makanan Untuk Membersihkan Ginjal

1. Jus Lemon

Buah lemon memiliki vitamin C yang dapat membantu ginjal menyaring darah dan membuang limbah atau racun lainnya melalui urine. Bagi pengidap batu ginjal, mengonsumsi jus lemon dan minyak zaitun dapat mengurangi laju pembentukan batu ginjal dan melarutkan kristal kalsium oksalat yang merupakan bagian paling umum dari batu ginjal.

2. Kranberi

Dikutip dari laman Healthline, sebuah penelitian uji klinis yang diterbitkan dalam jurnal nutrisi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kranberi setiap hari selama dua minggu mengalami penurunan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Peneliti menyebut hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan asam pada cairan kranberi seperti asam malat, sitrat, dan quinic yang memiliki efek perlindungan pada saluran kemih.

3. Anggur

Selain penangkal bibit kanker, anggur dan beberapa buah beri lainnya mengandung senyawa tanaman bermanfaat yang disebut resveratrol. Jenis ini merupakan senyawa alami polifenol yang berguna sebagai antioksidan.

Hal ini membuat banyak peneliti menganjurkan mengonsumsi anggur setiap hari agar mencegah paparan radikal bebas dan racun di udara.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT