Anak Meninggal Diduga Keracunan Parasetamol Alami Gagal Ginjal

ADVERTISEMENT

Anak Meninggal Diduga Keracunan Parasetamol Alami Gagal Ginjal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 15 Sep 2022 11:01 WIB
This will fix that toothache!
Foto: Getty Images/pjjones
Jakarta -

Puluhan anak di Gambia, Afrika Barat, dilaporkan meninggal dalam waktu yang berdekatan. Hasil autopsi menunjukkan penyebab meninggal berkaitan kuat dengan parasetamol.

"Puluhan anak (di bawah usia lima tahun) telah meninggal dalam tiga bulan terakhir," kata direktur layanan kesehatan Gambia, Mustapha Bittaye, dikutip dari Reuters.

Kepala layanan kesehatan negara Afrika Barat itu mengatakan telah melakukan penyelidikan setelah lonjakan kasus gagal ginjal akut pada anak-anak di bawah usia lima tahun terdeteksi di akhir Juli.

Anak-anak tersebut mengalami gejala sulit buang air kecil, demam dan muntah yang mengarah ke gagal ginjal.

Meski terkait kuat dengan obat tersebut, regulator obat-obatan Gambia, Medicines Control Agency (MCA), mengatakan tidak ada cukup data untuk menjamin larangan umum pada sirup parasetamol, obat penghilang rasa sakit yang sering digunakan untuk mengobati demam pada anak-anak.

Otoritas kesehatan setempat juga tidak mengesampingkan kemungkinan penyebab lainnya yakni infeksi bakteri E coli. Kemungkinan terjadi karena hujan lebat telah menyebabkan banjir di Gambia dan di sebagian besar wilayah Afrika Barat, dalam beberapa pekan terakhir.



Simak Video "Penemuan BPOM soal Sirup Paracetamol Picu Lonjakan Kasus Gagal Ginjal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT