Waspada, Ini Tanda-tanda Ginjal Tidak Sehat

ADVERTISEMENT

Waspada, Ini Tanda-tanda Ginjal Tidak Sehat

Fadilla Namira - detikHealth
Kamis, 15 Sep 2022 20:30 WIB
The doctor checks the kidneys of a patient on a blue background.
Tanda-tanda ginjal tidak sehat. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Ada sejumlah gejala fisik yang menjadi tanda-tanda ginjal tidak sehat. Mengingat ginjal adalah salah satu organ penting manusia untuk menyaring racun dalam darah. Jika fungsinya terganggu dan tak bekerja dengan baik, racun di dalam tubuh akan berkembang dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ penting lainnya.

Terlebih, penumpukan racun dan limbah juga bisa menyebabkan sejumlah penyakit serius, seperti batu ginjal. Kondisi ini memengaruhi 10-15 persen orang dewasa Amerika, tetapi juga dapat ditemukan pada anak-anak usia lima tahun.

"Ketika ginjal Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, cairan dan limbah menumpuk di tubuh Anda. Seiring waktu, limbah dan cairan ekstra dapat menyebabkan masalah tulang, jantung, dan kesehatan lainnya," kata Patricia Bannan, MS, RDN, dikutip dari Eatthis.

Tanda-tanda Ginjal Tidak Sehat

Dikutip dari National Kidney Foundation, berikut tanda-tanda ginjal tidak sehat yang perlu diwaspadai.

1. Kelelahan

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan benar, racun dalam tubuh dapat menumpuk. Hal ini menyebabkan orang merasa lelah, lemah, atau sulit berkonsentrasi.

Ginjal akan secara terpaksa bekerja lebih keras untuk menghasilkan hormon eritropoietin, yaitu pembentuk sel darah merah. Jika tubuh memiliki sedikit hormon tersebut, darah tidak dapat memberikan oksigen sebanyak yang dibutuhkan otak dan otot.

2. Sulit Tidur

Ketika ginjal tidak melakukan penyaringan dengan benar, racun tetap berada di dalam darah dan meninggalkan tubuh melalui urine. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan tidur. Ada pula hubungan antara obesitas, penyakit ginjal kronis, dan sleep apnea (gangguan tidur) yang kerap terjadi pada orang dengan penyakit ginjal kronis

3. Ruam dan Gatal Kulit

Racun yang sudah menumpuk akan menyebar dan mengontaminasi organ lain, termasuk darah. Hal itu akan meningkatkan risiko ruam atau gatal di sekujur tubuh.

Jika diabaikan, ginjal mungkin tidak dapat menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh sehingga memberikan efek penyakit yang dapat membuat kulit terasa kering dan gatal.

4. Buang Air Kecil Lebih Sering

Jika merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal.

Ketika penyaring ginjal tak lagi berfungsi, ini dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang kondisi ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

5. Kram Otot

Kram otot, terutama di kaki bisa menjadi tanda buruknya fungsi ginjal. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lai sehingga mengganggu cara kerja otot dan saraf.

Namun, kram otot tidak hanya berkaitan dengan ginjal saja. Penyakit sendi dan jantung pun bisa memicu gejala ini timbul. Jika terasa tidak nyaman dan berlanjut, segera laporkan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

6. Sesak Napas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ginjal membuat hormon pembentuk sel darah merah bernama eritropoietin. Penurunan hormon tersebut akan mengakibatkan anemia dan sesak napas, atau malah penumpukan cairan.

7. Urine Tidak Normal

Pada dasarnya urine yang dihasilkan manusia berwarna kuning pucat dan tanpa ada buih atau busa. Namun, bagi orang dengan ginjal kotor, urine yang dihasilkan mereka akan berbuih karena terlalu banyak protein bernama albumin.

Begitu juga jika warna urine merah atau kecokelatan, tandanya penyaring ginjal telah rusak. Jika sudah rusak, sel-sel darah bisa mulai "bocor" dan terbawa oleh urine.
Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urine bisa menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

8. Sakit Punggung

Beberapa orang dengan masalah ginjal akan mengalami nyeri di satu atau kedua sisi punggung. Namun, gejala ini biasanya dibarengi dengan penyertanya, seperti demam, muntah, atau nyeri saat buang air kecil.

Bila tanda-tanda ginjal tidak sehat di atas terasa semakin parah, segera pergi ke dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mengetahui penyebab pastinya. Selain itu, mereka akan memberikan pengobatan medis supaya meredakan rasa sakit tersebut.

Sebagai pencegahan, periksalah tekanan darah secara rutin dan kontrol kadar gula serta garam pada makanan yang akan dikonsumsi. Bagi pecandu rokok, sebisa mungkin kurangi kebiasaan tersebut karena meningkatkan risiko penyakit kronis selain ginjal.



Simak Video "Cara Menjaga Kesehatan Ginjal pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT