Mengenal Penyakit Ginjal, Gejala dan Penyebab yang Perlu Diketahui

ADVERTISEMENT

Mengenal Penyakit Ginjal, Gejala dan Penyebab yang Perlu Diketahui

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Jumat, 18 Mar 2022 05:00 WIB
Female doctor touches virtual Bladder and Kidneys in hand. Blurred photo, handrawn human organ, highlighted red as symbol of disease. Healthcare hospital service concept stock photo
Penyakit ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/mi-viri)
Jakarta -

Penyakit ginjal adalah sebuah kondisi ketika organ ginjal terganggu dan termasuk masalah kesehatan yang serius. Pasalnya ginjal merupakan sepasang organ yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring limbah, racun, dan cairan berlebih yang ada di dalam darah, lalu mengeluarkannya melalui urine.

Ketika ginjal mengalami gangguan, hal ini secara otomatis akan berdampak pada kesehatan tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala penyakit ginjal. Hal ini juga membantu untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan akibat ginjal yang bermasalah.

Banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan dan fungsi ginjal, seperti penyakit tertentu antara lain, batu ginjal, infeksi ginjal, radang ginjal, ginjal hipertensi, ginjal lupus dan ginjal polikistik.

Penyakit-penyakit diatas dapat menurunkan gangguan pada fungsi ginjal. Gangguan fungsi ginjal umumnya dapat dibagi dua yaitu gangguan ginjal akut dan penyakit ginjal kronik. Disamping itu ada fase yang ketiga yaitu akut on kronik, jadi ada fase akut didalam penyakit ginjal kronik.

Hal yang menarik dari penyakit ginjal akut adalah kelihatannya berat sekali tetapi sebenarnya bisa sembuh. Sementara itu, penyakit ginjal kronik dapat mengharuskan seseorang cuci darah seumur hidup dan tidak bisa disembuhkan.

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri), dr Zulkhair Ali, mengatakan bahwa dalam penyakit ginjal kronik biasanya kalau sudah masuk fase ketiga atau stadium tiga harus mulai ditangani dengan serius, dan kalau sudah gagal ginjal harus melakukan dialisis.

Gejala penyakit ginjal kronis antara lain:

  • Mual, tidak nafsu makan
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Sering kelelahan
  • Anemia
  • Napas pendek atau sulit bernafas
  • Gangguan tidur
  • Gejala neuropsikiatri (ensefalopati)

Penyakit ginjal kronis disebabkan oleh kerusakan jaringan ginjal yang dipicu oleh penyakit jangka panjang. Beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal adalah diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit asam urat.



Simak Video "Cerita Pilu Orang Tua Korban Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT