Hari Keselamatan Pasien Sedunia, Menkes Singgung Pengobatan yang Aman

ADVERTISEMENT

Hari Keselamatan Pasien Sedunia, Menkes Singgung Pengobatan yang Aman

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 16 Sep 2022 06:45 WIB
Ilustrasi ambulans.
Ilustrasi ambulans (Foto: Istock)
Jakarta -

Memperingati Hari Keselamatan Pasien Sedunia yang diperingati setiap 17 September, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyinggung soal pengobatan yang aman bagi pasien. Di samping itu, ia menjelaskan ada enam sasaran keselamatan pasien yang harus dipenuhi pihak rumah sakit.

Ada enam sasaran keselamatan pasien yang harus dicapai rumah sakit yang dipaparkan Menkes Budi dalam webinar 'Medication Without Harm', yakni:

  • Mengidentifikasi pasien dengan benar
  • Meningkatkan komunikasi yang efektif
  • Meningkatkan keamanan obat-obatan yang harus diwaspadai
  • Memastikan benar lokasi dan prosedur pembedahan pada pasien yang benar
  • Mengurangi infeksi akibat perawatan kesehatan
  • Mengurangi risiko cedera pasien akibat jatuh

"Semoga kegiatan webinar ini dapat memperkuat komitmen seluruh pelaku kesehatan untuk mendukung proses medikasi yang aman dan bebas dari cedera serta memberikan manfaat bagi peningkatan mutu dan keselamatan pasien," kata Menkes Budi dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (15/9/2022).

Hari Keselamatan Pasien Sedunia diperingati setiap 17 September. Ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran para tenaga medis dalam merawat pasien, terutama di bidang obat-obatan.

Pada kesempatan yang sama, CEO Primaya Hospital Leona A mengatakan akan selalu mengutamakan mutu dan keselamatan pasien. Terutama dalam penggunaan obat-obatan.

"Sebagai rumah sakit yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien. Webinar ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para tenaga kesehatan akan pentingnya penggunaan obat-obatan yang aman bagi pasien," pungkas Leona.



Simak Video "Kemenkes: Nakes-Pasien Harus Paham Penggunaan Obat yang Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT