Lolos dari Upaya Pembunuhan, Begini Kondisi Kesehatan Vladimir Putin

ADVERTISEMENT

Lolos dari Upaya Pembunuhan, Begini Kondisi Kesehatan Vladimir Putin

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 16 Sep 2022 12:05 WIB
Russian President Vladimir Putin attends a meeting in Moscow, Russia, Thursday, Aug. 25, 2022. Russian President Vladimir Putin has ordered the Russian military to increase the size of the countrys armed forces by 137,000 amid Moscows military action in Ukraine. (Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Vladimir Putin. Foto: Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin lolos dari dugaan percobaan pembunuhan yang mengincar nyawanya. Terdengar letusan keras di bagian sisi kiri mobil yang ditumpangi Putin, diikuti asap tebal yang menyelimuti.

Dikutip dari The Mirror, Jumat (16/9/2022), informasi soal penyerangan terhadap iringan kendaraan yang membawa Putin itu dilaporkan oleh saluran Telegram SVR General yang dikenal anti-Kremlin. Namun laporan itu belum dikonfirmasi langsung oleh pihak Kremlin.

Kondisi Putin dinyatakan tidak terluka dan segera dievakuasi ke tempat yang aman. Sementara itu, dilaporkan telah ada penangkapan oleh dinas keamanan setempat terkait insiden ini.

Sebelumnya, kondisi kesehatan Putin menjadi buah bibir di dunia maya. Sang presiden kerap dirumorkan menderita penyakit serius namun belum ada bukti atau konfirmasi langsung atas rumor tersebut.

Seperti terlihat pada Senin (5/9/2022), Putin menghadiri forum Pemuda Lingkungan Nasional di Kamchatka. Di sana, ia terlihat gelisah dan bergeser di tempat duduknya saat berbicara dengan mahasiswa Rusia.

Sejumlah pihak melihat kejadian tersebut sebagai bukti lebih lanjut terkait dugaan masalah kesehatan Putin. Para ahli kremlinologis dan badan intelijen Barat juga menyoroti beberapa contoh perilaku aneh yang dilakukan oleh Putin. Mereka mendukung laporan bahwa Putin mengalami kemerosotan kondisi kesehatan, kemungkinan besar karena kanker.

Sementara itu dengan komentar berbeda, Direktur CIA William Burns dan kepala MI6 Inggris Richard Moore justru menyatakan bahwa Putin 'benar-benar terlalu sehat'. Hal itu disampaikannya dalam Forum Keamanan Aspen pada Juli lalu.

"Tidak ada bukti bahwa Putin menderita kesehatan yang buruk," kata Moore.



Simak Video "Kesehatan Putin Disorot Lagi Gegara Batuk-batuk Sebelum Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT