Nasib Pasien COVID Terlama Dunia, Meninggal Usai 850 Hari Dirawat di ICU

ADVERTISEMENT

Nasib Pasien COVID Terlama Dunia, Meninggal Usai 850 Hari Dirawat di ICU

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Sabtu, 17 Sep 2022 07:06 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit
Foto ilustrasi: Stock
Jakarta -

Marc Lewitinn, seorang pasien COVID-19, meninggal dunia pada usia 76 tahun setelah menjalani perawatan menggunakan ventilator selama 850 hari atau sekitar 2 tahun 3 bulan. Dokter yang menanganinya menyatakan, meski tidak ada data statistik yang pasti, mungkin Lewittin memegang rekor pasien COVID-19 terlama yang dirawat menggunakan ventilator.

Lewitinn dikabarkan meninggal akibat serangan jantung pada 23 Juli 2022 di Palisades Medical Center. Ia telah dirawat menggunakan ventilator semenjak awal pandemi COVID di 2020.

"Dia menjalani perjalanan yang panjang dan sulit. Dia adalah pria yang kuat dan penerima manfaat dari perawatan medis yang canggih," tulis dokter yang menanganinya dr Abraham Sanders, dikutip dari New York Times, Kamis (15/9/2022).

Semenjak pandemi muncul, keluarga Lewitinn telah melarangnya untuk berpergian karena kondisi kesehatan dan umurnya yang sudah renta. Namun, ia memutuskan pergi dari rumah karena merasa terkurung dan mengunjungi salah satu gerai kopi yang cukup ramai.

Nahasnya, setelah kunjungan tersebut, Lewitinn menjadi lesu dan tingkat oksigen darahnya hanya 85 persen. Akhirnya ia dinyatakan positif COVID-19 dan enam hari kemudian tingkat oksigennya terus menurun. Dokter memutuskan untuk melakukan intubasi pada Lewittin dan membuatnya masuk kondisi koma.

Setelah enam bulan sadar dari komanya, ia akhirnya pindah ke rumah sakit yang lebih dekat dengan rumahnya di New Jersey. Sempat diperkirakan akan meninggal, Lewitinn kembali stabil dan pulih dari COVID, namun kondisinya terlalu lemah untuk melepaskan ventilator. Setelah 850 hari dirawat menggunakan ventilator, akhirnya ia meninggal.

Laporan lain selama pandemi memang mencatat pasien COVID-19 dengan penggunaan ventilator terlama pada seorang pasien asal Alabama yaitu 187 hari. Namun dokter memperkirakan belum ada yang mendekati catatan perawatan ventilator terlama seperti Lewitinn.



Simak Video "Ada 74 Persen Pasien Covid-19 Gejala Berat di RS yang Belum Booster"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT