Apakah COVID-19 Sudah Bisa Dianggap 'Enteng' Seperti Flu? Begini Kata Pakar

ADVERTISEMENT

Apakah COVID-19 Sudah Bisa Dianggap 'Enteng' Seperti Flu? Begini Kata Pakar

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Senin, 19 Sep 2022 08:13 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Ilustrasi virus Corona. Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa akhir pandemi COVID-19 berada di depan mata. WHO melaporkan telah terjadi penurunan angka kematian yang signifikan akibat COVID-19.

Dengan situasi pandemi yang mulai dianggap semakin ringan, muncul pertanyaan, kapan COVID-19 bisa dianggap seperti flu biasa?

Spesialis penyakit menular dari University of California dr Monica Gandhi menyatakan bahwa sudah semakin banyak orang yang memiliki kekebalan cukup. Ia juga menyatakan dengan gejala Omicron yang ringan, COVID-19 bisa dijalani seperti mendapatkan flu musiman.

"Jadi, kecuali varian yang lebih ganas muncul, ancaman COVID telah berkurang jauh bagi kebanyakan orang, yang berarti bahwa mereka dapat menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Dengan cara yang biasa Anda jalani dengan flu musiman endemik," katanya dikutip dari NPR, Senin (19/9/2022).

Sementara itu, Penasehat Medis Gedung Putih AS dr Anthony Fauci menyatakan tidak setuju bahwa COVID-19 sudah bisa dianggap seperti flu. Ia menegaskan COVID-19 masih menjadi persoalan kesehatan yang lebih serius dibanding dengan flu.

"Maaf, saya tidak setuju. Tingkat keparahan (antara COVID dan flu) satu dibandingkan dengan yang lain benar-benar cukup mencolok. Dan potensi untuk membunuh satu dibanding yang lain benar-benar sangat mencolok," ucapnya.

"COVID adalah masalah kesehatan masyarakat yang jauh lebih serius daripada influenza," tambahnya.

Bagaimana dengan situasi di Indonesia?

NEXT: Situasi di Indonesia



Simak Video "Epidemiolog: Status Pandemi Dicabut Bukan Akhir dari Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT