Brazil Izinkan Vaksin Pfizer untuk Anak Usia 6 Bulan, Indonesia Kapan?

ADVERTISEMENT

Brazil Izinkan Vaksin Pfizer untuk Anak Usia 6 Bulan, Indonesia Kapan?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senin, 19 Sep 2022 10:01 WIB
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK).
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Regulator Kesehatan Nasional Brazil, Anvisa, telah menyetujui vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh Pfizer (PFE.N) dan BioNTech untuk anak-anak berusia antara enam bulan dan empat tahun pada Jumat, (16/9/2022).

Tingkat vaksinasi Brasil sudah termasuk yang tertinggi di dunia, dengan hampir 90 persen populasi telah menerima setidaknya satu dosis, menurut proyek Our World in Data, yang mengumpulkan angka resmi dari pemerintah di seluruh dunia.

Lantas, Bagaimana dengan Indonesia?

Beberapa waktu lalu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Penny K Lukito mengungkap baru ada satu jenis vaksin COVID-19 yang dikaji untuk usia anak di bawah 6 tahun. Vaksin tersebut merupakan Sinovac besutan farmasi China dengan teknologi inactivated vaccine. Meski begitu, sampai saat ini vaksin tersebut masih dalam tahap proses.

"Kemudian saat ini sedang berproses adanya vaksin untuk anak untuk pengajuan emergency use authorization yaitu untuk primer di atas 3 tahun, sedang dalam proses," kata Penny dalam rapat kerja bersama Komis IX DPR RI, Selasa (30/8).



Simak Video "Vaksin Pfizer Dinilai 73% Efektif Diberikan Pada Anak di Bawah 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT