ADVERTISEMENT

Selasa, 20 Sep 2022 17:00 WIB

Baby Leslar Jalani Operasi Hernia, Inikah Penyebabnya?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Lesti dan Rizky Billar Rizky Billar dan keluarga. Foto: Instagram @rizkybillar dan @lestykejora
Jakarta -

Anak dari Rizky Billar dan Lesti Kejora, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar atau biasa dipanggil Baby Leslar, dikabarkan akan menjalani operasi hernia. Kabar ini terungkap lewat postingan Instagram Rizky Billar yang meminta doa agar operasi hernia Baby Leslar berjalan lancar.

"Mohon doanya agar operasi hernia Fatih dilancarkan," tulis Rizky Billar dalam Instagram pribadinya, dilihat detikcom, Selasa (20/9/2022).

Tak sedikit netizen yang bersimpati memberikan doa dan komentar untuk menyemangati Rizky dan Lesti. Lantas, apa penyebab hernia pada anak?

Dikutip dari laman resmi Stanford Medicine Children's Health, pada anak-anak biasanya ada dua jenis hernia yang dapat terjadi yakni hernia inguinalis yang biasanya muncul di selangkangan anak dan hernia umbilikalis yang muncul di pusar.

Bayi dapat mengalami hernia dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. Hal ini terjadi karena kelemahan pada otot perut. Berikut ini penyebab dari hernia inguinalis dan umbilikalis pada anak-anak.

Hernia inguinalis

Kebanyakan hernia inguinalis terjadi pada anak laki-laki. Selama kehamilan, semua bayi memiliki area yang disebut kanalis inguinalis. Pada anak laki-laki, saluran ini memungkinkan testis bergerak dari perut ke skrotum atau kantung yang menahan testis.

Biasanya saluran ini menutup sesaat sebelum atau sesudah bayi lahir. Namun pada beberapa kasus, saluran ini tidak tertutup sepenuhnya membuat lengkung usus dapat bergerak ke kanalis inguinalis melalui titik lemah di dinding perut hingga menyebabkan hernia.

Hernia umbilikalis

Saat bayi yang belum lahir berkembang selama kehamilan, ada lubang kecil di otot perut. Setelah lahir, pembukaan lubang harusnya ini menutup. Namun terkadang, otot-otot ini tidak sepenuhnya menutup sehingga ada lubang kecil yang tersisa.

Lingkaran usus kemudian dapat bergerak ke lubang di antara otot-otot perut tersebut dan menghasilkan hernia.

Beberapa faktor risiko ini bisa membuat bayi mengalami hernia meliputi lahir prematur, keluarga dengan riwayat hernia, kondisi cystic fibrosis, testis tidak turun pada bayi laki-laki, dan masalah organ reproduksi.



Simak Video "TOP 5: Kondisi Tukul Membaik, Kandungan Mikroplastik Dalam Galon"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT