ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Sep 2022 06:00 WIB

Psikolog Ungkap Gejala Stres pada Anak, Bangun Tidur Lama Termasuk!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
mother wakes up sleeping child daughter girl in the morning Bangun tidur lama (Foto: iStock)
Jakarta -

Stres merupakan kondisi umum yang kerap dialami oleh banyak orang. Tidak hanya dialami orang dewasa, tetapi juga anak-anak pun bisa mengalaminya. Lantas, seperti apa sih tanda-tanda anak stres?

Psikolog anak, Samanta Elsener, menjelaskan sejumlah tanda-tanda fisik yang mengindikasikan sang anak mengalami stres. Pertama, dari perubahan perilaku sang anak yang tidak biasanya dilakukan sehari-hari atau berbeda daripada biasanya. Misalnya, susah diajak tidur, maunya bermain terus, nilai di sekolah tak perform, dan sebagainya.

"Gejala stres pada anak kita bisa lihat pada perubahan perilaku. Perubahan perilaku yang nggak biasanya sehari-hari, yang aneh gitu. Biasanya kadang di stres ringan itu kita nggak bisa lihat dan tidak bisa mengamati, dan kita menganggap ini anak malas," tuturnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022).

"Jadi pokoknya dari fisiknya dulu, itu terlihat sebenarnya. Trus diajak buat tidur susah, maunya nempel terus, maunya nonton terus, atau maunya mau main terus. Diarahin untuk belajar tidak mau, atau nilainya nggak perform, itu sudah tanda-tanda stres. Tapi stresnya apa itu perlu identifikasi karena kita tidak tahu stresnya apa," imbuhnya.

Selain perilaku, Elsener juga mengungkapkan anak yang mengalami bangun tidur lama, mengigo, sering kaget saat tidur, hingga giginya suka berbunyi termasuk tanda-tanda stres. Karenanya, orang tua perlu sekali memperhatikan perilaku anak apabila mengalami sejumlah tanda-tanda tersebut.

"Bangun tidur lama itu sudah tanda stres, capek kan? Pada saat tidur suka mengamati nggak? Dia mengigau, mimpi buruk, atau kakinya suka kaget, kemudian giginya suka bunyi gregek-gregek gitu," sambungnya lagi.

"Untuk anak yang lebih kecil lagi kita bisa tahu dari perilaku yang menurun. Misalnya umur empat, itu bisa makan sendiri, BAB dan BAK sendiri, tiba-tiba tengah malam ngompol. Kemudian bukan saat tidur saja, tetapi aktivitas sehari-hari. Jadi biasa lagi main, kok adik ngompol," pungkasnya.



Simak Video "Siapa yang Lebih Rentan Alami Stres Saat Liburan?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT