Susu Beruang Bisa Bersihkan Paru-paru Perokok? Dokter Ungkap Faktanya

ADVERTISEMENT

Susu Beruang Bisa Bersihkan Paru-paru Perokok? Dokter Ungkap Faktanya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jumat, 16 Sep 2022 08:30 WIB
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment.
Ilustrasi penjelasan dokter perihal bisa atau tidak asupan makanan membersihkan paru-paru perokok. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Perokok dihantui sederet bahaya dan ancaman kesehatan, terutama terkait kesehatan paru-paru. Tak sedikit yang bertanya, bisakah paru-paru perokok dibersihkan dengan asupan makanan atau habit tertentu? Mengingat kerap beredar narasi, konsumsi makanan seperti jahe, mint, hingga susu 'beruang' efektif membersihkan paru-paru.

Dokter spesialis paru RS Persahabatan dan Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K), meluruskan, sebenarnya tidak ada makanan yang bisa membersihkan paru-paru. Apalagi jika dibilang produk susu tertentu bisa membersihkan paru-paru.

Namun di samping asupan makanan, yang bisa diupayakan untuk menyehatkan saluran napas adalah senam pernapasan. Tentunya, dibarengi stop merokok.

"Hoaks ya yang mengatakan para perokok supaya saluran napas nya bersih minum susu (beruang). Nggak ada hubungannya itu. Susu masuknya ke mana? Ini (asap rokok) ke saluran napas bukan saluran cerna," jelas dr Erlina saat ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).

"Yang bisa membersihkan saluran napas adalah dengan senam pernapasan, kemudian menjaga supaya jangan sering infeksi. Karena infeksi yang terus-terusan, sering, hilang-timbul, itu lama-lama akan membuat saluran pernapasan kita menjadi berubah. Bisa rentan dengan terinfeksi," sambungnya.

Tidak Ada Saluran Napas Perokok yang Sehat

dr Erlina juga menegaskan, tidak ada perokok yang memiliki saluran pernapasan yang sehat. Pasalnya pada perokok, asap rokok yang terus-terusan masuk ke saluran napas akan melumpuhkan silia sehingga menjadi rentan terinfeksi.

"Nggak ada cerita saluran napas perokok itu sehat. Karena asap rokok itu terus masuk ke saluran napas, di saluran napas ada bulu-bulu getar namanya silia yang salah satu tugasnya adalah secara bersama-sama mengeluarkan kuman, bakteri, virus, dan kotoran-kotoran yang masuk. Kalau silia ini lumpuh karena asap rokok, mudah menjadi infeksi," jelasnya.

"Nggak ada (makanan untuk membersihkan paru-paru). Berhenti merokok, itu parunya akan bersih," pungkas dr Erlina.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT