ADVERTISEMENT

Kamis, 22 Sep 2022 17:30 WIB

Viral Kopi Kekinian Versi 'BPJS', Netizen Sorot Kandungan Gulanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi gula Ilustrasi netizen menyorot kandungan gula yang tinggi pada kemasan kopi kalengan 'versi BPJS'. Foto: thinkstock
Jakarta -

Viral kopi kekinian yang dijual dalam kemasan kaleng di minimarket. Netizen menyebut kopi kekinian itu dijual dengan versi 'BPJS' alias hemat.

Namun tidak sedikit netizen yang penasaran kandungan gula yang terkandung dalam minuman viral itu.

"Kandungan gulanya berapa ya?" tulis salah satu netizen di Twitter.

Terlihat dalam satu kemasan kopi kekinian tersebut, kandungan gulanya sekitar 16 gram untuk 220 ml. Kurang lebih setara dengan satu sendok makan.

Berapa sih batas konsumsi gula harian?

Kementerian Kesehatan RI menyebut anjuran konsumsi gula per orang per hari adalah 10 persen dari total energi. Ini setara dengan 4 sendok malan atau sekitar 50 gram per orang per hari.

Dengan mengetahui anjuran konsumsi GGL, Anda bisa mengetahui berapa banyak GGL yang boleh dikonsumsi setiap hari. Konsumsi gula berlebih bisa memicu munculnya penyakit diabetes.

Selain itu mengkonsumsi terlalu banyak gula tambahan dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan peradangan kronis, yang keduanya merupakan awal penyakit jantung. Konsumsi gula yang berlebihan, terutama dalam minuman manis, juga berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dengan menipu tubuh untuk mematikan sistem kontrol nafsu makan karena kalori cair tidak memuaskan kalori dari makanan padat.

"Efek dari asupan gula tambahan termasuk tekanan darah tinggi, peradangan, penambahan berat badan, diabetes, dan penyakit hati berlemak, semuanya terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke," kata Dr. Frank Hu, profesor nutrisi di Harvard Medical School of Public Health.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT