ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Sep 2022 06:30 WIB

Baby Leslar Nggak Sendiri, Hernia Inguinalis Ternyata Banyak Pengidapnya!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Potret Ganteng Al Fatih Anak Lesti dan Billar Anak Rizky Billar dan Lesti Kejora. Foto: Instagram: @lestykejora
Jakarta -

Hernia inguinalis merupakan kondisi abnormal suatu organ sehingga menimbulkan benjolan. Kondisi ini santer diberitakan belakangan ini lantaran anaknya Rizky Billar dan Lesti Kejora, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar yang baru berumur delapan bulan menjalani operasi hernia. Tak hanya baby Leslar saja, kondisi hernia inguinalis ternyata banyak pengidapnya.

Salah satunya, balita berusia dua tahun dari Jakarta yang sempat mengidap hernia dua kali. Ibu dari balita tersebut, Monalisa (35) seorang menjelaskan, hernia yang diidap oleh sang anak berada di sisi perut sebelah kiri, juga kondisi tersebut baru ketahuan saat usianya empat bulan. Walhasil balita tersebut pun harus menjalani operasi hernia layaknya Baby Leslar.

"Baru ketahuan saat usia 4 bulan, ketika kena DBD, dia rewel terus, lalu setiap nangis atau setelah nangis bentuk skrotumnya tampak tidak lazim (seperti ada benjolan). Ketika dicek dokter anaknya, katanya itu hernia dan disarankan cek ke dokter bedah anak. Lalu saya ke dokter bedah anak, dicek dan memang itu hernia inguinalis lateralis," kata wanita yang juga seorang karyawan di Jakarta pada detikcom, Kamis (22/9/2022).

"Gejalanya anak jadi rewel karena mungkin ada rasa tidak nyaman. Untuk anak saya karena penanganan cepat jadi hanya benjolan dan rewel, tapi setahu saya jika tidak segera dioperasi, ditakutkan ada kondisi anak muntah dan usus terjepit," imbuh Monalisa.

Setelah balita tersebut berusia 16 bulan, hernia tersebut pun muncul kembali dan kini di bagian sisi perut sebelah kanannya. Menurut Monalisa, bisa jadi sejak awal sang anak mengidap dua hernia sekaligus, yakni di perut sebelah kanan dan kiri. Namun karena benjolan di bagian perut sebelah kiri lebih besar, sehingga yang terdeteksinya hanya di sisi tersebut.

Atau mungkin karena di usia 16 bulan sudah aktif dan MPASI, sehingga sisi kanan perut sang balita baru terdampak. Meskipun demikian, Monalisa menegaskan ini masih menjadi dugaan lantaran dari pemeriksaan awal hanya terdeteksi di sisi kiri perut.

"Saat anak saya usia 16 bulan, saya melihat ada tanda yang sama yakni benjolan atau bentuk yang tidak lazim di skrotumnya. Akhirnya periksa lagi ke dokter bedah anak dan ternyata memang hernia namun di sisi perut sebelah kanan (sebelumnya sebelah kiri)," kata Monalisa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "23 Juta Penyintas Covid-19 di Amerika Serikat Alami Long Covid"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT