ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Sep 2022 11:01 WIB

Viral Wanita Curhat Harus Kehilangan Lubang Pantat, Ternyata Sakit Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wanita kehilangan lubang pantat Viral wanita harus kehilangan lubang pantat gegara penyakit langka. (Foto: Instagram @paulasojoro)
Jakarta -

Viral kisah seorang wanita yang bercerita harus kehilangan lubang pantatnya karena mengidap penyakit langka. Kondisi tersebut membuat nyawanya terancam setiap kali buang air besar.

Kondisi ini dialami Paula Sojo, model dan influencer di TikTok. Unggahannya itu sudah ditonton oleh lebih dari 8 juta orang di platform tersebut.

"Jadi aku kena penyakit langka namanya severe perianal crohn disease yang berdampak pada pantatku. Jadi setiap saya buang air besar, hal itu selalu hampir membunuh saya," curhatnya.

Saat berbincang dengan Teen Vogue, Paula mengatakan ia mulai mengalami hal yang aneh pada tubuhnya pada Maret 2021. Penyakit tersebut membuatnya harus menjalani puluhan operasi dan enam bulan perawatan di rumah sakit.

Menjalani operasi pengangkatan lubang pantat bukan pengalaman yang sangat menyenangkan. Paula menyebut rasa sakit saat operasi tersebut berkali lipat daripada tindakan lain yang ia jalani.

"Ini bukan bedah kosmetik. Operasi ini dilakukan pada pasien yang nggak lagi punya pilihan lain," katanya.

Dikutip dari MayoClinic, Penyakit Perianal Crohn (PCD) adalah kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan di sekitar anus. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan, rasa sakit, dan bengkak di area anus.

Kondisi ini menyebabkan kerusakan, seperti striktur dan fistula, di area sekitar anus. Ketika ini terjadi, pasien akan sulit kentut dan buang air besar



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT