ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Sep 2022 10:07 WIB

Tasyi Athasyia Ungkap Pernah Keguguran gegara Dipaksa Diet, Benarkah Berisiko?

Alethea Pricilla - detikHealth
Tasyi Athasyia dan Syech Zaki Tasyi Atasyia dan suami. (Foto: Instagram/@tasyiiathasyia)
Jakarta -

Tasyi Athasyia pernah keguguran anak pertamanya karena didesak melakukan diet. Peristiwa ini diungkapkan langsung oleh sang suami, Syech Zaki Alatas melalui video YouTube yang diunggah Kamis (22/9).

"Kenapa anak pertamaku bisa meninggal? Karena tekanan keluarga untuk kak Tasyi yang terlalu berat di tuntut untuk diet, untuk kurus, untuk menjaga fisik secara berlebihan," ujarnya dalam video tersebut, dikutip Jumat (23/9).

Dampak Diet Saat Hamil

Mengalami kenaikan berat badan ketika sedang hamil merupakan hal yang wajar terjadi. Ini terjadi karena calon ibu akan membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk bayi dalam kandungannya.

Dikutip dari NHS, seorang ibu yang sedang hamil tidak perlu melakukan diet khusus tetapi penting bagi mereka untuk mengonsumsi berbagai makanan agar mendapatkan nutrisi yang seimbang bagi ibu dan calon bayi.

Ada berbagai macam nutrisi yang harus dipenuhi ibu untuk menjaga kesehatan calon bayi mulai dari zat besi hingga mineral. Hal ini membuat melakukan diet saat hamil tanpa diawasi oleh dokter menjadi bahaya.

Bagi mereka yang melakukan diet dengan membatasi kalori dan nutrisi saat hamil akan menyebabkan risiko pada anak, berikut yang akan terjadi pada calon bayi, dikutip dari Babyinfo.

  1. Berat badan bayi saat lahir rendah
  2. Meningkatkan risiko infeksi
  3. Keterlambatan perkembangan
  4. Masalah kesehatan yang terjadi dalam perkembangan bayi
  5. Diet ekstrem memberikan tekanan ekstra pada tubuh yang lemah sehingga bisa memungkinkan terjadi keguguran.


Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT