ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Sep 2022 12:30 WIB

WHO Sebut Akhir Pandemi COVID Depan Mata, Begini 'Bocoran' Kemenkes RI

Vidya Pinandhita - detikHealth
Masyarakat melintas dikawasan kendal, Jakarta, Rabu (25/11/2020). Tambahan kasus virus Corona (COVID-19) di Indonesia kembali memecahkan rekor pada hari ini. Tambahan 5.534 kasus Corona tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menegaskan, hingga kini belum ada 'bocoran' terkait kapan pandemi COVID-19 di Indonesia dinyatakan berakhir dan resmi beralih statusnya menjadi endemi. Meski terpantau, kondisi COVID-19 di RI kini relatif membaik.

"Belum ada bocoran. Kalau memang sudah sah keluar, maka bersama-sama (akan ditetapkan sudah masuk endemi COVID-19)," tegas Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes RI drg Widyawati, MKM dalam workshop 'Potret dan Tantangan Kesehatan Masyarakat Menuju Endemi COVID-19', Rabu (21/9/2022).

Meski kondisi pandemi COVID-19 kini relatif membaik, Widyawati menyebut, protokol kesehatan masih tetap digencarkan. Hal ini juga menyusul pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang baru-baru ini menyinggung bahwa akhir pandemi COVID-19 kini sudah di depan mata.

"Belum ada bocoran (perihal Indonesia sudah masuk endemi COVID-19). Kalau memang sudah sah keluar, maka bersama-sama (akan ditetapkan sudah masuk endemi COVID-19)," beber Widyawati.

"Belum ada kebijakan resmi yang keluar bahwa sudah endemi COVID-19, tapi kembali kepada protokol kesehatan. Tetap protokol kesehatan harus kencang, menjaga jarak, mencuci tangan, kemudian hidup sehat. Itu yang harus kita lakukan dan jangan lalai tidak menggunakan masker. Jadi masker itu memang harus selalu dipakai," sambungnya.

Kata WHO soal Akhir Pandemi

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sempat menyebut, pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir meski kini titik akhirnya 'sudah di depan mata'. Seiring itu, protokol kesehatan tetap harus digencarkan agar tak menjadi peluang munculnya varian Corona baru.

"Pekan lalu, angka kematian akibat COVID-19 mingguan yang terlaporkan adalah yang terendah sejak Maret 2020. Kita belum pernah ada di posisi sebaik ini dalam upaya mengakhiri pandemi COVID-19," ungkap Tedros melalui laman Twitter resminya @DrTedros, Jumat (16/9/2022).

"Kita belum tiba di sana (akhir pandemi COVID-19), tapi akhir pandemi sudah di depan mata," pungkasnya.

Simak juga video 'Panduan Teknis WHO Sebagai Langkah Menuju Akhir Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT