ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Sep 2022 17:01 WIB

Apa Itu Malingering? Siasat yang 'Wanita Emas' Lakukan saat Jadi Tersangka

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Hasnaeni Wanita Emas Jadi Tersangka Kejagung, Teriak Histeris saat Ditahan Hasnaeni 'Wanita Emas' histeris saat ditahan Kejagung. (Foto: Silvia Ng/detikcom)
Jakarta -

Hasnaeni Moein alias 'Wanita Emas' terbukti pura-pura sakit saat akan diperiksa sebagai tersangka Korupsi proyek fiktif PT Waskita Beton Precast (WBP). Kejadian pura-pura sakit itu terungkap saat Husnaeni meminta dirinya dirawat di rumah sakit agar tidak hadir untuk menjalani pemeriksaan.

Namun, tim dokter rumah sakit memastikan bahwa 'Wanita Emas' ini dalam kondisi yang sehat. Ia juga dianggap bisa menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Jadi begini, tadi malam yang bersangkutan datang ke Rumah Sakit MMC untuk minta dirawat, bukan dirawat karena sedang sakit," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung Kuntadi dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022).

"Atas dasar kondisi tersebut setelah kita konsultasikan dengan pihak manajemen dan dokter yang bersangkutan, kita juga membawa dokter, kesimpulannya yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan bisa dihadirkan di kejaksaan," sambungnya.

Soal Malingering

Melihat kasus ini, psikolog forensik Reza Indragiri mengungkapkan bahwa Hasnaeni termasuk malingering. Untuk jenisnya, kemungkinan termasuk dalam pure malingering.

"Iya (malingering). Ada tiga jenis malingering. Pure malingering yaitu tidak sakit, tapi mengada-adakan sakit. Partial malingering yaitu sakit, tapi gejalanya didramatisasi. False imputation mengaku sakit A, tapi gejala-gejalanya malah X," terang dia saat dihubungi detikcom Jumat (23/9/2022).

"Saya tak tahu (jenis yang dialami). Perlu dicek kondisinya. Kalau merujuk pernyataan Kejagung, tampaknya pure malingering," bebernya.

Dikutip dari laman Healthline, pura-pura sakit masuk dalam kategori malingering. Itu merupakan siasat seseorang untuk lari dari tanggung jawab dan tidak disebabkan oleh faktor fisik apapun.

Sebagian orang melakukan malingering untuk menghindari tanggung jawab, pekerjaan, sampai pengadilan hukum. Mereka yang melakukan malingering juga berkaitan dengan perilaku mencari perhatian.



Simak Video "23 Juta Penyintas Covid-19 di Amerika Serikat Alami Long Covid"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT