Pasien 'Timbun' Batu Kandung Kemih Selama 4 Tahun, Begini Kejadian dan Gejalanya

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Pasien 'Timbun' Batu Kandung Kemih Selama 4 Tahun, Begini Kejadian dan Gejalanya

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 24 Sep 2022 17:01 WIB
Viral pasien memiliki batu kandung kemih
Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral pasien asal Aceh 'menimbun' batu kandung kemih selama empat tahun. Kisah ini menjadi viral ketika seorang perawat membagikan penampakan batu tersebut melalui TikTok pribadinya @fujiasshar.

"Pasien dengan batu kandung kemih, pasien merasakan hal ini sudah 4 tahun lamanya, dan lihat batu yang sudah diangkat dari kandung kemih pasien, Banyak banget yaa," tulis Fuji Assahar dalam akun TikTonya itu, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Kamis (22/9/2022).

Hal ini sontak menjadi perhatian warganet, beberapa dari mereka mempertanyakan bagaimana batu sebanyak itu ada dalam tubuh. Fuji menjelaskan batu itu muncul akibat sisa-sisa urine dalam kandung kering yang tidak keluar dan menempel serta mengeras seiring berjalannya waktu.

"Jadi ini adalah batu kandung kemih yang diambil dari tubuh pasien. Nah salah satu penyebab munculnya batunya addalah akibat poengosongan kandung kemih yang tidak baik atau pipisnya tidak lampias," katanya.

Menurut perawat tersebut, ukuran batu itu serupa dengan pasien batu ginjal. Fuji juga menyebut ukuran berisiko lebih besar khususnya orang yang malas minum air.

"Sama halnya seperti batu ginjal, kalau dibiarkan lama-lama akan menjadi lebih besar dan banyak terutama kamu yang malas minum air," ucapnya.

Ia berpesan untuk masyarakat membiasakan diri minum dua liter air per hari. Hal ini terjadi demi memastikan seluruh racun di tubuh keluar melalui urine.

Lantas, apa saja gejala batu kandung kemih? Simak penjelasan lebih lengkap di halaman selanjutnya.



Simak Video "Perjuangan Bocah Sulsel Lawan Penyakit Langka Sejak Lahir"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT