Menkes Budi Gunadi Sadikin Ketemu Bill Gates, Ngobrolin Apa Nih?

ADVERTISEMENT

Menkes Budi Gunadi Sadikin Ketemu Bill Gates, Ngobrolin Apa Nih?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Senin, 26 Sep 2022 11:02 WIB
Bill gates dan menkes Budi bertemu di New York
Menkes Budi Gunadi Sadikin bertemu Bill Gates di New York. Foto: Kementerian Kesehatan RI
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan Bill Gates dalam perhelatan UNGA ke-77 dan Global Fund Replenishment Conference di New York, Amerika Serikat, pada Selasa (20/9/2022). Dalam pertemuan tersebut, Bill Gates menyatakan mendukung pemerintah Indonesia di sektor kesehatan.

Menurut Menkes Budi, dukungan tersebut meliputi pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi kesehatan terkini.

"Dukungan yang ada termasuk penguatan layanan primer berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi kesehatan terkini," ujar Menkes Budi, dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Senin (26/9/2022).

Menkes Budi juga memaparkan berbagai agenda transformasi kesehatan yang sedang berlangsung di Indonesia, beserta target nyata yang telah dicanangkan dalam pertemuan bersama Bill Gates tersebut. Ia juga mengundang Bill Gates melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melihat progres pembangunan kesehatan di tanah air.

Dalam perhelatan tersebut, Indonesia telah menyampaikan minat untuk ikut uji klinis vaksin tuberkulosis (TBC) kepada Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) dan Wellcome Trust. President Global Health of BMGF, Trevor Mundel, mengatakan pihaknya mendukung penanganan TB di Indonesia dan telah menerima surat dari pemerintah Indonesia terkait rencana Indonesia ikut uji klinis pengembangan vaksin TB.

"Apabila akan dilakukan di Indonesia butuh sejumlah 26.000 orang sampel. Nantinya, akan memerlukan dukungan pemerintah Indonesia terutama koordinasi dengan BPOM," ujar Mundel.

Menkes Budi menyatakan akan memfasilitasi koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk dengan BPOM, agar pelaksanaan uji klinis vaksin TB di Indonesia dapat dilaksanakan.



Simak Video "Senyuman Menkes Budi Saat Klaim Bisa Menghemat Anggaran Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT