Tiktoker Surya Manurung Idap Treacher Collins Syndrome, Bisa Disembuhkan?

ADVERTISEMENT

Tiktoker Surya Manurung Idap Treacher Collins Syndrome, Bisa Disembuhkan?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 27 Sep 2022 16:00 WIB
Syarif Surya Manurung (27) pemuda asal Kisaran Timur, Asahan, Sumut viral di medsos karena mengalami kondisi langka Treacher Collins Syndrome (Perdana R/detikcom)
Foto: Syarif Surya Manurung (27) pemuda asal Kisaran Timur, Asahan, Sumut viral di medsos karena mengalami kondisi langka Treacher Collins Syndrome (Perdana R/detikcom)
Jakarta -

Nama Tiktoker Surya Manurung kini kembali menggema seusai membagikan kisahnya menikah dan hidup mesra dengan sang istri. Sebelumnya, ia sudah pernah viral di Tiktok lantaran membagikan kisah sekeluarganya mengidap 'Treacher Collins Syndrome' atau kondisi langka perkembangan wajah, kepala, dan telinga karena faktor genetik.

Dikutip dari Cleveland Clinic, Treacher Collins Syndrome merupakan kondisi bawaan yang mempengaruhi ukuran, bentuk, dan posisi telinga, mata, tulang pipi, dan rahang. Pada anak, sindrom ini dapat memicu anak kesulitan beroleh susu, bernapas, hingga mendengar.

Para peneliti menyebut Treacher Collins Syndrome berhubungan dengan mutasi gen prenatal. Sekitar setengah dari semua anak yang memiliki sindrom ini memiliki seseorang dalam keluarga yang juga memiliki sindrom tersebut. Namun, kasus tersebut terjadi secara sporadis.

Bagaimana Penanganannya?

Mengacu pada Medical News Today, pada bayi baru lahir dengan Treacher Collins Syndrome, penanganan utama adalah berupa bantuan pernapasan. Kemudian gangguan pendengaran akibat sindrom ini akan diupayakan diatasi dengan alat bantu dengar, terapi wicara, serta integrasi dalam sistem pendidikan.

Dengan pembedahan, ahli bedah akan memperbaiki atau merekonstruksi area tertentu pada wajah yang terpengaruh oleh perkembangan yang tidak normal atau tidak lengkap. Area pada wajah tersebut meliputi:

  • Tengkorak dan wajah
  • Langit-langit mulut
  • Tulang pipi, rahang, dan rongga mata
  • Bagian luar telinga
  • Hidung
  • Gigi
  • Kelopak mata bawah

Jenis operasi yang direkomendasikan dokter juga bergantung pada usia pengidap Treacher Collins Syndrome. Bedah pada atap mulut sering dilakukan pada usia 1-2 tahun. Pembentukan kembali pipi, rahang, dan rongga mata sering dilakukan pada usia 5-7 tahun. Koreksi telinga biasanya dilakukan setelah usia 6 tahun. Reposisi rahang biasanya dilakukan sebelum usia 16 tahun.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT