Treacher Collins Syndrome, Kondisi TikToker Surya Manurung yang Dulu Sempat Viral

ADVERTISEMENT

Treacher Collins Syndrome, Kondisi TikToker Surya Manurung yang Dulu Sempat Viral

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 27 Sep 2022 15:05 WIB
Syarif Surya Manurung (27) pemuda asal Kisaran Timur, Asahan, Sumut viral di medsos karena mengalami kondisi langka Treacher Collins Syndrome (Perdana R/detikcom)
Foto: Syarif Surya Manurung (27) pemuda asal Kisaran Timur, Asahan, Sumut viral di medsos karena mengalami kondisi langka Treacher Collins Syndrome (Perdana R/detikcom)
Jakarta -

Sosok TikToker Surya Manurung kini kembali viral usai menikah dan membagikan momen mesra saat sarapan pagi bersama sang istri. Dulu, ia juga sempat viral di TikTok lantaran satu keluarganya mengidap Treacher Collins Syndrome.

Akibat kondisi tersebut, wajah Surya Manurung mengalami kelainan genetik dan lain dari kebanyakan orang. Kondisi ini juga merupakan kelainan genetik langka yang mempengaruhi perkembangan wajah, kepala, dan telinga anak sebelum mereka lahir.

Apa itu Treacher Collins Syndrome?

Treacher Collins Syndrome adalah kondisi langka saat bayi terlahir dengan kelainan bentuk mata, telinga, kelopak mata, tulang pipi, dan tulang rahang.

Dikutip dari laman WebMD, kondisi ini belum diketahui obatnya namun bisa dilakukan dengan operasi. Adapun penyebabnya karena gen abnormal yang bisa mempengaruhi bentuk wajah.

Treacher Collins Syndrome setidaknya sudah mempengaruhi satu dari setiap 50 ribu bayi yang lahir.

Ciri-ciri Treacher Collins Syndrome

Treacher Collins Syndrome memiliki ciri-ciri yang cukup bervariasi. Meski dalam beberapa kasus termasuk ringan, tapi ada juga yang mengalami kondisi parah. Berikut ciri-cirinya.

  • Wajah datar, cekung, atau terlihat sedang sedih
  • Tulang pipi terlalu kecil
  • Mata yang miring ke bawah
  • Jaringan kelopak mata hilang
  • Takik di kelopak mata bawah
  • Celah langit-langit (lubang di langit-langit mulut)
  • Jalan napas tidak normal
  • Rahang atas dan bawah kecil
  • Telinga yang tidak berbentuk atau hilang
  • Pertumbuhan kulit di depan telinga

Apakah berbahaya?

Beberapa orang yang mengalami kondisi ini dapat membuat sulit bernafas, makan, tidur, dan mendengar. Selain itu bisa juga muncul masalah pada gigi dan mata kering yang menyebabkan infeksi.

Pengidap dari Treacher Collins Syndrome kerap dikaitkan dengan masalah sosial. Kemungkinan juga membutuhkan konseling dengan ahli.



Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT