Ambeien: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

ADVERTISEMENT

Ambeien: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

dr Richard, SpB, M.Kes, FinaCS, FICS - detikHealth
Selasa, 27 Sep 2022 18:17 WIB
Ilustrasi ambeien atau wasir
Ilustrasi ambeien (Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta -

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah, mirip dengan varises. Dalam istilah medis, penyakit ini dinamakan hemoroid dan terbagi menjadi dua jenis sesuai tempat berkembangnya. Bila ia tumbuh di dalam rektum disebut wasir dalam, sedangkan di bawah kulit sekitar anus dinamakan wasir luar.

Dikutip dari Healthline, hemoroid menjangkiti sekitar 50 persen orang dewasa pada usia di atas 50 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan anak-anak dan remaja bisa mengalaminya.

Ambeien sering kali tidak menimbulkan rasa sakit yang signifikan. Akan tetapi, ambeien luar terkadang bisa membentuk gumpalan darah di kulit sehingga kecil kemungkinannya bisa kembali ke dalam anus. Meskipun sangat mengganggu, penyakit ini tidak mengancam jiwa dan sering hilang dengan sendirinya. Perlu diingat, kondisi ini hanya berlaku jika ambeien baru muncul pada stadium 1 dan 2.

Gejala Ambeien

Tanda dan gejala ambeien biasanya tergantung pada jenisnya. Berikut adalah gejala dari ambeien dikutip dari Mayo Clinic:

Ambeien Luar

  • Gatal yang luar biasa hingga iritasi di daerah anus
  • Rasa sakit atau tidak nyaman, terutama saat duduk
  • Bengkak dan biasanya disertai dengan pendarahan di anus

Ambeien Dalam

  • Walaupun tidak bisa merasakan dan melihatnya, wasir dalam umumnya ditandai dengan pendarahan saat buang air besar
  • Sisa kulit lebih yang menggantung di luar sekitar anus

Penyebab Ambeien

Ambeien (wasir) timbul karena terlalu banyak tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Tak heran bila jenis ambeien luar paling umum terjadi dan merepotkan. Untuk mengetahui lebih lanjut, kenali penyebab dan faktor risikonya:

  • Mengejan terlalu keras saat buang air besar.
  • Jongkok dalam waktu lama di toilet.
  • Mengalami konstipasi (sembelit) kronis atau diare.
  • Memiliki riwayat keluarga hemoroid.
  • Mengangkat beban berat yang konsisten.
  • Obesitas
  • Hamil (rahim yang berkembang akan menekan pembuluh darah (vena) di usus besar sehingga terjadi pembengkakan).

Jika terasa tidak nyaman dan mengganggu sebaiknya temui dokter agar dilakukan diagnosis medis guna mengetahui perkembangan dan pengobatannya.

Diagnosis Ambeien

Ketika pengidap ambeien memutuskan pergi ke dokter, ada pemeriksaan yang harus dijalani. Pemeriksaan ini dinamakan Digital Rectal Exam (pemeriksaan dubur digital). Dokter akan memasukkan jari tangan yang sudah dilumasi ke dalam rektum untuk mengetahui penyebab pembengkakan.

Apabila pengidapnya punya masalah organ pencernaan, dokter menyarankan tes tambahan, seperti anoskopi, sigmoidoskopi, ataupun kolonoskopi. Semua tes tersebut menggunakan kamera kecil yang dimasukkan ke dalam mulut guna melihat kelainan pada usus, rektum, dan anus.

Komplikasi Ambeien

Walaupun kasusnya jarang, komplikasi penyakit ambeien bisa saja terjadi jika sudah parah, seperti:

  • Gumpalan darah yang bengkak.
  • Berdarah.
  • Anemia yang disebabkan oleh hilangnya darah dalam kuantitas tertentu.
  • Infeksi wasir.

Pengobatan dan Pencegahan Ambeien

Pengobatan ambeien bisa dilakukan secara mandiri di rumah ataupun menggunakan bantuan dokter di rumah sakit. Berikut rangkuman beberapa pengobatan yang bisa dilakukan secara mandiri:

1. Kompres Air Hangat

Untuk meredakan nyeri, pengidap ambeien bisa berendam dalam bak air hangat setidaknya 10 menit setiap hari. Cara lainnya adalah duduk di atas botol air hangat untuk meredakan rasa sakit akibat wasir luar.

2. Pereda Nyeri

Jika tidak tahan, gunakan supositoria (obat padat berbentuk kerucut), salep, atau krim obat yang dijual bebas supaya meredakan rasa terbakar dan gatal. Obat ini dapat ditemui di apotek ataupun toko online, tetapi pastikan sudah BPOM agar terhindar dari efek buruk lainnya. Akan lebih efektif jika dikonsultasikan dengan ahli medis lebih dahulu.

3. Makanan Berserat

Budaya makan sehat dan serat memang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya mengobati ambeien. Selain kaya vitamin, pepaya jadi buah yang kerap dianjurkan kepada pengidap ambeien.

Di sisi lain, pengidap hemoroid bisa mengambil cara alternatif dengan menambahkan suplemen serat ke dalam makanan untuk membantu melunakkan feses. Dua kandungan suplemen yang paling banyak didapati adalah psyllium dan methylcellulose.

4. Menjaga Kebersihan Anus

Menjaga kebersihan anus adalah pengobatan yang paling utama untuk menahan pembengkakan semakin parah. Namun, sebaiknya jangan menggunakan sabun tinggi detergen karena bisa memperparah wasir. Hindari juga tekstur kertas toilet yang terlalu kasar saat mengelap anus.

Kapan Harus ke Dokter

Jika mengalami pendarahan yang semakin parah atau tidak membaik setelah seminggu perawatan di rumah, segera lapor ke layanan medis. Jangan menganalisis sendiri bahwa pendarahan dubur disebabkan oleh ambeien, padahal masalah tersebut dapat terjadi karena penyakit lain, termasuk kanker kolorektal dan kanker dubur.

Ditinjau oleh:

dr Richard, SpB, M.Kes, FinaCS, FICS

Spesialis Bedah Umum

Primaya Hospital Pasar Kemis

dr Richard, SpB, M.Kes, FinaCS., FICS-Primaya Hospital Pasar Kemisdr Richard, SpB, M.Kes, FinaCS., FICS-Primaya Hospital Pasar Kemis Foto: dr Richard, SpB, M.Kes, FinaCS., FICS



Simak Video "Bahaya Termakan Love Bombing, Bisa Ragu pada Diri Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(Fadilla Namira/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT