Ternyata Ini Alasan Hong Kong Tarik Produk Mie Sedaap Korean Spicy

ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Alasan Hong Kong Tarik Produk Mie Sedaap Korean Spicy

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 28 Sep 2022 14:35 WIB
Begini Rasa Indomie Mie Goreng Aceh Vs Mie Sedaap Sambal Goreng yang Viral
Ilustrasi Mie Sedaap. (Foto: Andi Annisa DR/detikfood)
Jakarta -

Otoritas keamanan pangan Hong Kong menarik sejumlah mi instan yang diimpor Indonesia usai menemukan kandungan bahan kimia yang digunakan sebagai pestisida. Pada Selasa (27/9/2022), mi instan tersebut teridentifikasi mengandung etilen oksida.

Otoritas keamanan pangan Hong Kong atau Centre for Food Safety (CFS) mengimbau masyarakat untuk menyetop sementara konsumsi batch tersebut. Batch yang dimaksud yakni Mie Goreng Sedaap Korean Spicy Chicken Flavour, dengan tanggal batas kedaluwarsa 19 Mei 2023.

Mie Sedaap tersebut dijual oleh ParknShop dan diimpor oleh Golden Long Food Trading.

"Pusat tersebut mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian di bawah Program Pengawasan Makanan rutinnya," kata CFS, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (28/9/2022).

"Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, kemasan bumbu, dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida."

Pusat tersebut mengatakan telah memberi tahu vendor yang bersangkutan tentang temuan ini dan menginstruksikan untuk menghentikan penjualan dan mengeluarkan dari rak batch produk yang mungkin memiliki kandungan serupa.

"Menurut instruksinya, pengecer yang bersangkutan telah memulai penarikan pada batch produk yang terkena dampak," tambahnya.

CFS juga mencatat bahwa Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah mengklasifikasikan etilen oksida sebagai karsinogen kelompok 1.

Pihaknya akan memperingatkan kelompok dagang atas insiden tersebut dan akan terus menindaklanjuti insiden tersebut dan mengambil tindakan yang tepat. Hingga kini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) belum memberikan komentar lebih lanjut terkait kemungkinan risiko konsumsi Mie Sedaap.



Simak Video "2 Produk Mie Sedaap Ditarik Lagi di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT