Suti Karno Terbaring Lemas di RS, Punya Riwayat Diabetes

ADVERTISEMENT

Suti Karno Terbaring Lemas di RS, Punya Riwayat Diabetes

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 29 Sep 2022 12:30 WIB
Suti Karno sakit.
Foto: Instagram @dewiranokarno
Jakarta -

Suti Karno saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Hal ini terlihat dari postingan Instagram istri Rano Karno, Dewi Rano Karno.

"Semangatt sehat adik ku Syg.. @sutykarno Doa Kami untuk kesembuhan mu... jangan menyerah.," tulis Dewi Rano Karno dilihat detikcom, Kamis (29/9/2022).

Belum diketahui secara pasti penyebab pemeran Atun di sinetron 'Si Doel' ini dirawat. Namun Suti karno telah berjuang melawan diabetes sejak tahun 2003. Saat itu ia mendadak lemas dan terjatuh saat syuting.

"Saya sakit, kena diabetes," kata adik Rano Karno pada waktu itu kepada wartawan.

Saat berbincang dengan Deddy Corbuzier di tayangan podcast pada April 2022 lalu, Suti mengatakan masih berjuang melawan diabetes. Namun ia tak terlalu memusingkan kondisinya itu.

Wanita 55 tahun ini juga mengaku tidak meminum obat karena takut nantinya terkena sakit ginjal. Dia menyiasatinya dengan meminum atau mengkonsumsi herbal seperti ketumbar dan vanili.

"Nikmatin, hidup cuma sekali," kata Suti.

Diabetes atau penyakit gula ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Glukosa yang tidak diserap sel tubuh dengan baik akan menumpuk dalam darah dan menyebabkan sejumlah penyakit.

Spesialis penyakit dalam, dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD-KPsi dari Junior Doctor Network Indonesia menjelaskan, seseorang yang mengidap diabetes biasanya mengalami gejala sering buang air kecil, haus, hingga lapar.

Selain itu, pengidap diabetes juga bisa mengalami kondisi lain, seperti cepat merasa lelah, sistem kekebalan tubuh yang tidak berfungsi terlalu baik, dan penurunan berat badan yang drastis.

"Gejala diabetes sendiri adalah polidipsia, poliuria, polifagia (3P), yaitu sering kencing, sering haus, dan sering lapar. Kondisi lain yang juga menyertai, yaitu cepat lelah dan sistem kekebalan juga tidak berfungsi terlalu bagus sehingga orang tersebut gampang sakit," tuturnya saat dihubungi detikcom, Selasa (23/9).



Simak Video "Kemenkes RI Laporkan Peningkatan Prevalensi Penyakit Diabetes-Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT