Ortu Lalai, Bayi 8 Bulan Telan Gunting Kuku Sampai Nyangkut di Tenggorokan

ADVERTISEMENT

Ortu Lalai, Bayi 8 Bulan Telan Gunting Kuku Sampai Nyangkut di Tenggorokan

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 29 Sep 2022 22:00 WIB
Bayi menelan gunting kuku
Bayi 8 bulan menalan gunting kuku. Foto: Newslion/SWNS
Jakarta -

Kejadian nahas menimpa seorang bayi berusia 8 bulan di distrik Nashik, India Barat. Bayi yang tak disebutkan namanya tersebut, tak sengaja menelan sebuah gunting kuku sepanjang 5 cm yang membuatnya harus menjalani prosedur operasi.

Dikutip dari Mirror, Kamis (29/9/2922), bayi tersebut menelan gunting kuku saat bermain, dan segera dilarikan ke rumah sakit begitu orang tuanya menyadari.

Pemeriksaan sinar-X menunjukan gunting kuku sepanjang 5 cm itu tersangkut dan menutupi hampir seluruh tenggorokan. Bayi tersebut ditangani di Dr Vasantrao Pawar Medical College di Adgaon, pada 19 September lalu.

Dari foto-foto prosedur operasi yang belakangan beredar, tim medis terlihat kesulitan mengeluarkan gunting kuku dari tenggorokan bayi tersebut. Menurut keterangan, tim medis mengeluarkan benda itu dalam operasi panjang selama satu jam, dan bayi itu sekarang sudah pulih.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada tahun lalu, seorang ibu memberi peringatan keras pada orang tua lain setelah putrinya yang berusia enam tahun, harus dilarikan ke rumah sakit setelah menelan 23 magnet. Ahli bedah NHS yang melakukan operasi darurat mengatakan magnet itu berpotensi fatal.

"Saya ingin memperingatkan orang tua tentang bahaya anak-anak mereka bermain dengan magnet," ucap Tanith, si Ibu kepada BBC. "Saya ingin menegaskan betapa berbahayanya magnet ini," pungkasnya.

Kejadian bayi atau anak-anak tak sengaja menelan suatu benda menjadi wanti-wanti bagi para orang tua, agar kejadian nahas serupa tak menimpa si buah hati.



Simak Video "Permintaan Maaf Nakes yang Live TikTok Saat Pasien Lahiran"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT