Makanan Jatuh Belum 5 Menit Masih Boleh Dimakan, Mitos atau Fakta Sih?

ADVERTISEMENT

Makanan Jatuh Belum 5 Menit Masih Boleh Dimakan, Mitos atau Fakta Sih?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 30 Sep 2022 06:30 WIB
makanan jatuh 5 detik aman
Ilustrasi makanan jatuh (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Banyak sekali mitos terkait kesehatan beredar di masyarakat, salah satunya perihal makanan jatuh belum lima menit masih boleh dimakan. Benarkah demikian atau kebiasaan makan makanan yang sudah jatuh ada risikonya?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, menjelaskan bahwa pernyataan tersebut adalah mitos. Sebab, hanya dalam beberapa detik, bakteri atau partikel lainnya sudah melekat dengan cepat ke makanan yang jatuh.

"Dulu, makanan jatuh belum lima menit nggak papa makan aja, padahal tidak perlu menunggu sampai lima menit makanan jatuh. Karena beberapa detik saja kalau memang bakterinya banyak di situ, misalnya bakteri escherichia coli, ya tentu saja bisa berpindah dengan cepat ke makanan," ucapnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Adapun dampak jika seseorang mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri atau lainnya yaitu mengalami gangguan pencernaan, sakit perut, hingga diare. Namun jika tidak sakit saat mengonsumsi makanan jatuh, dr Pudjiadi menjelaskan bisa jadi hanya kebetulan.

"Jadi kalau misalnya pas jatuh terus kebetulan tidak pernah sakit, ya kebetulan daerah situ lagi bersih, nggak banyak kuman dan penyakitnya, ya mungkin. Tapi kan kita tidak tahu, mana yang kotor mana yang tidak. Rasanya makanan itu bersih tetapi ternyata ada kumannya kan kita nggak bisa lihat," sambungnya lagi.

"Dan tentu saja kalau kita konsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit. Misalnya gangguan pencernaan, sakit perut, atau diare itu bisa terjadi, jadi totally mitos," pungkas dr Pudjiadi.



Simak Video "Apakah Makanan Pengaruhi Ukuran Payudara?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT