Terkait Kondisi Lesti Kejora, Psikolog Jabarkan Bentuk KDRT Selain Tindak Fisik

ADVERTISEMENT

Round Up

Terkait Kondisi Lesti Kejora, Psikolog Jabarkan Bentuk KDRT Selain Tindak Fisik

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sabtu, 01 Okt 2022 07:05 WIB
lesti kejora
Lesti Kejora. Foto: noel
Jakarta -

Selebritis sekaligus pedangdut Lesti Kejora melaporkan sang suami, Rizky Billar, atas dugaan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Adanya laporan tersebut dikonfirmasi oleh AKP Nurma Dewi selaku Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan.

"Iya betul semalam, saudara LK sudah melaporkan kasus yang dialaminya," kata AKP Nurma Dewi saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, dikutip dari detikNews, Kamis (29/9/2022).

"Laporan saudari LK adalah KDRT yang dialaminya, menurut beliau pelakunya adalah suaminya," sambungnya.

Dalam kesempatan terpisah, psikolog dari Pro Help Center, Nuzulia Rahma Tristinarum, menjelaskan bahwa segala tidak KDRT tidak bisa ditolerir dan diwajarkan. Menindaklanjuti pelaku KDRT tidak cukup dengan didiamkan berharap suatu hari sikapnya akan berubah. Meski begitu, pelaku KDRT bisa diubah perilakunya dengan konseling dan psikoterapi.

"Perilaku tersebut tidak akan berubah hanya dengan cara tidak melawan dan mendiamkannya. Perilaku ini akan terus berulang," terang Rahma pada detikcom beberapa waktu lalu.

"Justru pelaku KDRT perlu diberi tahu bahwa tindakannya salah, tidak bisa ditolerir. Walaupun tidak bisa diubah dengan cara mendiamkan, namun perilaku KDRT bisa diubah jika pelaku memang berniat mengubah perilakunya lalu melakukan konseling dan psikoterapi pada profesional," sambung Rahma.

Rahma juga menjelaskan, tindak kekerasan tidak selalu berupa fisik. Pada beberapa kasus, kekerasan juga dilakukan dalam bentuk verbal dan perilaku.

"KDRT itu banyak bentuknya, tidak hanya secara fisik. Biasanya muncul dalam bentuk perilaku, di antaranya mengintimidasi, dominasi yang berlebihan, mengancam, memaksa, posesif, melarang tanpa alasan yang jelas," pungkasnya.

Pasca laporannya, Lesti dikabarkan menjalani perawatan rumah sakit dalam kondisi lemas. Simak lebih lengkap di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Update Terkini Kasus KDRT Rizky Billar Terhadap Lesti Kejora':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT