Buat Mantan Perokok! 5 Makanan Ini Diyakini Bisa Bersihkan Paru Secara Alami

ADVERTISEMENT

Buat Mantan Perokok! 5 Makanan Ini Diyakini Bisa Bersihkan Paru Secara Alami

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Sabtu, 01 Okt 2022 12:32 WIB
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment.
Ilustrasi makanan pembersih paru-paru. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Beberapa orang, khususnya mantan perokok, mungkin mencari-cari cara untuk membersihkan paru-paru. Pasalnya, paru-paru merupakan organ tubuh yang amat penting untuk dijaga kesehatannya.

Tentu saja, cara pertama untuk menjauhkan tubuh dari bahaya rokok adalah dengan berhenti merokok. Di samping itu, upaya menjaga organ paru-paru juga dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat.

Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup serta makan makanan yang bernutrisi, dapat membantu mengurangi kerusakan paru-paru akibat merokok. Lantas, apa saja makanan yang boleh dicoba untuk 'detoks' alias membersihkan paru-paru?

Makanan Pembersih Paru-paru

Apel

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Tak hanya itu, mengonsumsi 5 buah apel per minggu dapat membantu menurunkan risiko terkena Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Apel juga membantu mengurangi risiko terkena kanker paru-paru dan asma. Lantaran mengandung konsentrasi aktioksidan, termasuk flavonoid dan vitamin c.

Labu

Daging labu mengandung berbagai senyawa tanaman untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Labu kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yakni mengandung sifat antioksidan serta anti inflamasi.

Studi menunjukkan kadar karotenoid dalam darah akan memicu peningkatan fungsi paru-paru menjadi lebih baik. Walhasil, mantan perokok disarankan untuk mengonsumsi labu lantaran kaya akan karoteoid.

Tomat

Tomat dapat dijadikan sebagai pendamping makanan seperti salad, sayur, bahkan di jus. Tomat mengandung sumber likopen, antioksidan, dan karotenoid yang tinggi serta berguna untuk meningkatan kesehatan paru-paru.

Mengonsumsi tomat terbukti mengurangi peradangan saluran napas bagi pengidap asma, serta meningkatkan fungsi paru-paru bagi pengidap PPOK.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT