Viral Kisah Wanita 22 Tahun Punya Tumor 2 Kg di Rahim, Buncit bak Hamil

ADVERTISEMENT

Viral Kisah Wanita 22 Tahun Punya Tumor 2 Kg di Rahim, Buncit bak Hamil

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sabtu, 01 Okt 2022 16:33 WIB
Viral kena tumor dan kanker
Foto: Tangkapan Layar TikTok
Jakarta -

Viral Kisah gadis bernama Najihah Zakri (22) harus menjalani operasi pengangkatan tumor di rahim seberat 2 kg. Tak hanya itu, gadis tersebut juga didiagnosis penyakit kanker.

Melalui media sosial TikTok pribadinya, Najihah mengaku sangat terkejut saat melihat hasil CT scan yang menunjukkan ada tumor menutupi sebagian rahimmnya.

Gejala yang Dikeluhkan

Najihah menceritakan awalnya ia mengalami menstruasi yang tak teratur sejak awal Maret hingga Juni. Ia juga merasakan nyeri yang amat sangat di bagian perutnya. Saat itu Najihah belum berkonsultasi ke dokter lantaran sibuk dengan urusan pribadinya.

"Mens nggak teratur sih sudah lama ya, tapi nggak pernah ke rumah sakit buat periksa karena sibuk belajar," ungkap Najihah yang dikutip dari MStar.

"Haidnya hanya 4 hari terus berhenti. Dua-tiga hari kedepan, keluar lagi. Kadang-kadang seperti keguguran karena ada flek. Saat itulah saya sadar ada masalah," lanjutnya.

Namun setelah mengeluh sakit perut selama dua minggu dibarengi dengan perut membuncit, ia akhirnya mengunjungi dokter. Di sanalah Najihah menyadari adanya tumor yang bersarang di rahimnya.

Walau tumornya sudah diangkat, tak lama dokter mengajaknya bertemu untuk memberitahu bahwa Najihah ternyata juga mengidap kanker ovarium jenis germ cell.

"Kanker yang saya idap ini selalu terjadi di orang muda dan remaja. Ada rasa putus asa pas tahu dan merasa dunia nggak adil, mental saya jadi down," ungkapnya.

Apa Itu Kanker Ovarium?

Dikutip dari laman MayoClinic, kanker ovarium terjadi karena adanya perubahan atau mutasi genetik pada sel-sel ovarium. Sel tersebut menjadi abnormal, serta tumbuh dengan cepat dan tidak terkontrol.

Adapun gejala kanker ovarium meliputi:

  • Perut kembung atau bengkak
  • Cepat merasa kenyang saat makan
  • Penurunan berat badan
  • Ketidaknyamanan di daerah panggul
  • Kelelahan
  • Sakit punggung
  • Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit
  • Sering buang air kecil


Simak Video "Kenali Perbedaan Tumor Payudara Jinak atau Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT