Hari Gini Masih Percaya Minum Air Dingin Bikin Gendut? Begini Lho Faktanya

ADVERTISEMENT

Hari Gini Masih Percaya Minum Air Dingin Bikin Gendut? Begini Lho Faktanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Minggu, 02 Okt 2022 05:00 WIB
Closeup image of woman holding a glass of cold water to drink
Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa orang yang sedang diet menurunkan berat badan sengaja menghindari minum air dingin. Gegaranya, minum air dingin disebut-sebut bisa bikin seseorang gemuk. Padahal, anggapan tersebut tak benar. Seperti apa penjelasan dokter gizi?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, SpGK meluruskan, air minum yang bersuhu dingin seperti air es tidak bisa membuat gemuk. Menurutnya, selama air dingin yang diminum tidak mengandung pemanis, maka tidak akan bikin gemuk.

"Banyak yang nanya boleh minum air dingin atau nggak? Ya boleh, asal jangan dikonsumsi pakai sirop, asal jangan pakai gula," katanya saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Air es yang diminum tanpa adanya tambahan apa pun tidak mengandung kalori. Lain halnya jika air dingin tersebut sudah dicampur dengan bahan tambahan lainnya seperti gula yang memiliki kalori. Hal itu yang menyebabkan kegemukan.

"Biasanya orang minum air dingin pake sirop, gulanya tinggi. Jadi kalau air dingin doang nggak pake apa kalorinya nol, silakan konsumsi air dingin," jelasnya.

Oleh karena itu, dr Cindy menegaskan minum air dingin bikin gemuk adalah mitos. Ia juga menyarankan mereka yang diet untuk menyeimbangi pengaturan pola makannya dengan olahraga dan perhitungan kalori yang tepat.



Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]
(Alethea Pricila/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT