Kerokan Mempan Bikin Badan 'Plong' Saat Masuk Angin, Mitos atau Fakta Sih?

ADVERTISEMENT

Kerokan Mempan Bikin Badan 'Plong' Saat Masuk Angin, Mitos atau Fakta Sih?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sabtu, 01 Okt 2022 20:30 WIB
Ilustrasi kerokan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Bagi banyak orang Indonesia, kerokan sudah biasa diandalkan sebagai alternatif untuk menyembuhkan badan ketika dirasa kurang 'fit' atau sedang masuk angin. Mereka percaya, kerokan bisa bikin angin di dalam tubuh keluar. Lantas, benarkah kerokan bisa menyembuhkan masuk angin?

Sebenanrya, masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis. Gejala-gejala yang dialami orang dengan 'masuk angin' dianggap mirip seperti flu. Dokter spesialis gizi Klinik dr Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, SpGK meluruskan, anggapan bahwa kerokan ampuh menyembuhkan masuk angin adalah mitos belaka. Ia menyebut itu hanya suatu hal yang menjadi kebiasaan di Indonesia.

"Tidak ada penelitian yang meneliti kerokan bikin sembuh jadi harusnya itu mitos tapi biasanya kalau kerokan kita menorehkan sesuatu minyak-minyak Indonesia, mungkin minyak tersebut membuat (tubuh) menjadi enak," jelasnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, bukan kerokan yang bisa menyembuhkan seseorang yang sedang tidak enak badan, melainkan daya tahan tubuh. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh akan membantu untuk melawan dan melindungi dari penyakit atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

"Jadi harusnya bukan karena kerokan yang buat kita sembuh tapi mungkin kalau misalnya kena virus, itu daya tahan tubuh kita yang membantu melawan itu," ucapnya.

Meski saat ini dianggap mitos, dr Cindy menyebut dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan pembuktian mengenai kerokan bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti masuk angin dan lainnya.



Simak Video "Apakah Kerokan Dapat Menyembuhkan Masuk Angin?"
[Gambas:Video 20detik]
(Alethea Pricila/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT