Kata Dokter soal Tulang Leher Bergeser, Dialami Lesti Kejora usai Alami KDRT

ADVERTISEMENT

Kata Dokter soal Tulang Leher Bergeser, Dialami Lesti Kejora usai Alami KDRT

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selasa, 04 Okt 2022 08:01 WIB
Lesti Kejora alami luka di bagian leher sehingga harus di-gips akibat dugaan KDRT suaminya, Rizky Billar
Foto: (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pihak kepolisian menyebut pedangdut Lesti Kejora mengalami luka di bagian leher usai mengalami KDRT dari suaminya, Rizky Billar. Kondisi ini membuat lehernya harus dipasangi gips.

"(Dipasangi gips) akibat ada tulang bagian leher yang bergeser," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Indra Zulpan kepada detikNews, Senin (3/10/2022).

Lesti juga sempat dirawat di rumah sakit akibat kondisi kesehatannya yang menurun usai melaporkan kasus dugaan KDRT.

Terkait tulang leher bergeser, spesialis orthopedi dr Luthfi Gatam, SpOT dari Eka Hospital BSD mengatakan kondisi tersebut terkait dengan kerusakan di tulang belakang yang menyangga area leher.

"Di leher itu ada 7 tulang belakang. Di tiap tulang belakang ada ruas, di antara ruas itu ada bantalan yang berfungsi sebagai sendi dan shock absorber," kata dr Luthfi saat diwawancarai detikcom, Selasa (4/10/2022).

"Pada keadaan tertentu, antara ruas itu bisa bergeser ke depan atau belakang karena beberapa kondisi. Paling sering pada anak muda sih karena kecelakaan," lanjutnya.

Pada kondisi normal, gesekan yang terjadi di tulang belakang bagian leher sangat minim. Jika terjadi trauma dan mengenai saraf, kondisi saraf terjepit bisa terjadi.

Jika cederanya bersifat ringan, penanganannya hanya cukup dengan mengistirahatkan leher atau melakukan isometric exercise. Jika parah, maka operasi harus dilakukan.

"Ada juga yang pakai soft collar dan fisiterapi. Tapi kalau bergeser terlalu jauh, harus operasi," pungkasnya.



Simak Video "Membedah Bahasa Tubuh Lesti Kejora, Ayahnya dan Rizky Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT